Jembatan Kalikuto di Tol Batang-Semarang Operasi H-2 Lebaran

News - Monica Wareza, CNBC Indonesia
01 June 2018 08:14
Jembatan Kalikuto di Tol Batang-Semarang Operasi H-2 Lebaran
Batang, CNBC Indonesia - Jembatan Kalikuto di ruas jalan tol Batang - Semarang ditargetkan bisa mulai digunakan secara fungsional pada H-2 Lebaran 2018.

Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang Batang Arie Irianto mengatakan nantinya hanya satu jalur jembatan saja yang bisa dilalui pemudik.

"Akan difungsikan H-2 lebaran nanti, tapi masih ada keterbatasan seperti kecepatan kendaraan yang lewat masih akan dibatasi dan masuk jalur fungsional," kata Arie di Batang, Jawa Tengah, Kamis (31/5).


Dia menjelaskan bahwa progres pembangunan jembatan ini sudah mencapai 83% dari penyelesaian hingga 27 Juni lalu.

Sementara itu, untuk pembangunan selanjutnya masih menunggu proses pembebasan lahan. Adapun total kekurangan lahan masih mencapai 67 hektare atau 9,16% dari total seluruh lahan yang dibutuhkan.



"Kendala pembebasan lahan itu karena tidak termasuk dalam penlok lama, tapi sudah ada penlok baru yang sudah ditanda tangan. Lagi mengajukan perintah bayar," jelas dia.

Untuk lahan ini diperkirakan akan membutuhkan dana sebesar Rp 6,1 triliun dan sudah digunakan sebesar Rp 5,3 triliun dan berupa dana talangan. Namun dari jumlah tersebut pemerintah baru membayarkan sebesar Rp 4,6 triliun.

"Sisanya masih dalam proses reimbursment di BLU LMAN," imbuh Arie. (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading