Internasional

Pemilik Klub Chelsea Dikabarkan Jadi Warga Negara Israel

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
29 May 2018 18:02
Pemilik Klub Chelsea Dikabarkan Jadi Warga Negara Israel
Jerusalem, CNBC Indonesia - Miliuner Yahudi asal Rusia sekaligus pemilik klub sepakbola Chelsea, Roman Abramovich, tiba di Israel hari Senin (28/5/2018) setelah menerima kewarganegaraan dari negara itu, stasiun televisi lokal Channel 10, melaporkan.

"Ia mendarat hari ini menggunakan pesawat pribadinya di bandara Ben Gurion (di Tel Aviv) dan diberikan kartu identitas Israel," sebut stasiun televisi tersebut dalam acara berita malamnya, sebagaimana dikutip AFP hari Selasa (29/5/2018).

Seorang pejabat di Nativ, sebuah departemen di bawah kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang berhubungan dengan komunitas Yahudi di negara-negara bekas Uni Soviet, mengatakan Abramovich telah mengajukan permohonan visa di kedutaan besar Israel di Moskow, menurut laporan stasiun televisi tersebut.


"Dokumennya diperiksa di bawah "Undang-undang Pemulangan" dan dia berhak atas status imigran di Israel, dan sebagai hasilnya dia diberikan visa imigrasi, tambahnya.

Juru bicara kantor Netanyahu yang dikontak AFP tidak mengonfirmasi maupun membantah kabar tersebut.

UU Pemulangan Israel memberi setiap orang Yahudi, atau anak-anak dan cucunya, hak untuk menjadi warga negara Israel berdasarkan permintaan mereka.


Abramovich secara formal bertempat tinggal di Jersey di Kepulauan Channel yang merupakan sebuah negara tax haven namun tidak pernah menempatinya.

The Sunday Times menyebut kekayaannya bernilai 9,3 miliar pounds atau setara dengan Rp 175,3 triliun tahun ini. Ia menjadi pemilik Chelsea sejak 2003.



(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading