Internasional

Kotak Hitam Pesawat yang Jatuh di Kuba Ditemukan

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
20 May 2018 11:11
Kotak Hitam Pesawat yang Jatuh di Kuba Ditemukan
Havana, CNBC Indonesia - Sebuah black box (kotak hitam) dari pesawat Boeing 737 yang jatuh di Kuba dan menewaskan 110 penumpang dan melukai tiga orang berhasil ditemukan dalam kondisi yang baik, kata Menteri Transportasi Kuba Adel Yzquierdo hari Sabtu (19/5/2018).

"Kami akan menerima satu lagi [kotak hitam] dalam beberapa jam ke depan," ujarnya kepada media pemerintah, AFP melaporkan.


Kedua kotak hitam yang berisi rekaman suara di kokpit dan data penerbangan akan menjadi kunci untuk menentukan penyebab jatuhnya pesawat yang berusia 39 tahun itu. Pesawat jenis Boeing 737-200 itu menghantam daratan hari Jumat beberapa saat setelah lepas landas dalam penerbangan domestik dari Bandara Havana.


Musibah tersebut adalah yang terburuk bagi negara kepulauan itu dalam 30 tahun terakhir.

Yzquierdo mengatakan kotak hitam telah diserahkan kepada para penyelidik kecelakaan itu.

Pesawat nahas beserta krunya yang berasal dari Meksiko disewakan kepada maskapai pemerintah Cubana de Aviacion oleh perusahaan Meksiko Global Air yang juga dikenal sebagai Aerolineas Damojh. Pesawat tersebut telah lolos pemeriksaan keamanan bulan November lalu, kata perusahaan.


Otoritas penerbangan sipil Meksiko telah mengirimkan tim ahli ke Kuba untuk membantu para pejabat setempat untuk menyelidiki penyebab kecelakaan tersebut.

Boeing juga telah menawarkan bantuan teknis bila diperlukan. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading