Pertamina Berencana Ajukan Kenaikan Harga Pertalite Cs

News - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
16 May 2018 - 18:18
Pertamina Berencana Ajukan Kenaikan Harga Pertalite Cs
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Pertamina (Persero) berencana mengusulkan kenaikan harga BBM jenis umum, yaitu perta series. Usulan itu akan disampaikan kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk dievaluasi.

Plt. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan saat ini perseroan sedang mengkaji hal usulan kenaikan harga bensin non subsidi yang beroktan minimal 90 dan ke atas ini. "Fokus kami [saat ini] persiapan revisi Perpres [191 Tahun 2014]. Dalam waktu yang bersamaan akan kami usulkan [kenaikan harga], tapi kami belum ajukan," tutur dia di kantor Badan Pengatur Hilir Migas (BPH Migas), Rabu (16/5/2018).




Nicke memastikan, walau pihaknya akan mengusulkan kenaikan harga, perseroan akan tetap mengedepankan tugas untuk melayani masyarakat.

Sejalan dengan Nicke, Sekretaris Perusahaan Pertamina Syahrial Mukhtar mengaku telah melakukan komunikasi dengan pemerintah terkait penyesuaian harga BBM."Kami sedang konsultasi mengenai harga dengan pemerintah, nanti kami sampaikan hasil konsultasi seperti apa," kata Syahrial.

Menurut dia, sebagai BUMN yang seluruh sahamnya dimiliki pemerintah, Pertamina akan terus melakukan konsultasi dengan pemerintah terkait harga dengan terus memperhatikan daya beli masyarakat.

Terkait ketentuan kenaikan harga maksimal sekali setiap bulan, Syahrial juga mengaku menurut saja. "Intinya itu pasti sudah dilakukan dengan perencanaan yang matang kan ya. Nanti kami akan ikuti itu," kata dia.

Hingga saat ini, baru PT Shell Indonesia yang mengajukan kenaikan harga BBM. Kenaikan itu diajukan seiring peningkatan harga minyak dunia. Keputusan persetujuan dari Kementerian ESDM diperkirakan akan keluar dua minggu sejak pengajuan dilakukan.

(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading