Shell Minta Harga Bensin Naik, Pemerintah: Tunggu 2 Minggu

News - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
15 May 2018 - 14:39
Shell Minta Harga Bensin Naik, Pemerintah: Tunggu 2 Minggu
Jakarta, CNBC Indonesia- Pemerintah memberlakukan aturan kewajiban lapor untuk badan usaha yang ingin menaikkan harga BBM atau bensin non subsidi. Sejak aturan diumumkan, baru PT Shell Indonesia yang mengajukan kenaikan harga beberapa hari lalu.

Menurut Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto, waktu yang dibutuhkan hingga ada keputusan disetujui atau tidaknya usulan berkisar dua minggu sejak pengajuan. "Sepuluh hari tambah tiga hari, artinya dua minggu setelah dia ajukan lah. Ada keputusan," sebut Djoko di Hotel Bidakara, Selasa (15/5/2018).




Lebih lanjut, dia menjelaskan telah ada prosedur pelaksanaan (Standar Operasional Prosedur/SOP) terkait aturan tersebut pula. Djoko mengatakan, sejak pengajuan dilakukan, sebuah badan usaha hanya dapat mengajukan kenaikan harga lagi minimal satu bulan sejak pengajuan terakhir.

"Dari SOP yang saya tandatangani, paling cepat satu bulan, biar tidak terlalu sering," ujar Djoko.

Terkait harga, Djoko menjelaskan sesuai aturan yang berlaku, badan usaha tidak boleh mengambil keuntungan lebih dari 10%. Acuan harga minyak yang dipakai adalah indeks harga pasar. Dia memastikan, hingga saat ini baru Shell yang mengajukan kenaikan harga. Djoko tidak merinci kapan pengajuan itu dilakukan, yang pasti dia mengatakan baru-baru ini.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading