Daftar Provinsi, Kabupaten, dan Kota yang Jadi Juara di 2018

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
01 May 2018 08:49
Sebanyak sembilan daerah mendapatkan predikat juara, karena keberhasilannya merealisasikan perencanaan pembangunan ekonomi
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak sembilan daerah yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia berhasil mendapatkan predikat juara, karena keberhasilannya merealisasikan perencanaan pembangunan ekonomi di daerahnya masing-masing.

Predikat juara tersebut diberikan kepada sembilan daerah yang terdiri dari tiga provinsi terbaik, tiga kabupaten terbaik, dan tiga kota terbaik. Penghargaan ini, diberikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

"Penghargaan pembangunan daerah adalah bentuk apresiasi atas kerja keras daerah dalam merencanakan dan mencapai target pembangunan," kata Bambang, dikutip melalui siaran pers, usai acara Musrenbangnas Selasa (1/5/2018).


Musrenbangnas (musyawarah perencanaan dan pembangunan nasional) adalah forum antarpelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan Nasional dan rencana pembangunan Daerah.


Adapun kriteria dan indikator penilaian meliputi pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan produk domestik regional bruto (PDRB) per kapita, tingkat pengangguran terbuka dan jumlah penganggur, tingkat kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia dan gini ratio, serta Indeks Ketimpangan Wilayah.

Selain itu, penilaian juga melihat arah strategi dan kebijakan daerah, sampai dengan tersedianya dukungan program prioritas daerah terhadap arah kebijakan prioritas nasional politik, hukum, pertahanan, dan keamanan, sampai kecakapan melayani publik.

"Saya berharap penghargaan ini mampu mendorong setiap daerah untuk berlomba-lomba menyiapkan dokumen RKPD secara lebih baik, konsisten, dan komprehensif," katanya.

Berikut daftar daerah-daerah yang mendapatkan predikat juara di 2018 :

Kategori Pencapaian dan Perencanaan Terbaik Tingkat Provinsi

- Provinsi Jawa Timur
- Provinsi Sumatera Selatan
- Provinsi Bali

Kategori Pencapaian dan Perencanaan Terbaik Tingkat Kabupaten

- Kabupaten Tegal
- Kabupaten Lombok Utara
- Kabupaten Banyuwangi

Kategori Pencapaian dan Perencanaan Terbaik Tingkat Kota

- Kota Palu
- Kota Palembang
- Kota Surakarta


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading