Kapasitas Mengganggur di Pabrik Mobil RI Hampir 1 Juta Unit

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
12 April 2018 10:46
Kapasitas Mengganggur di Pabrik Mobil RI Hampir 1 Juta Unit
Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia merupakan pasar mobil terbesar di ASEAN, mengalahkan Thailand. 

Volume penjualan mobil, termasuk kendaraan penumpang dan niaga, di Tanah Air pada 2017 tercatat 1,08 juta unit dan Thailand hanya 871.650 unit. 

Namun, ternyata kapasitas produk yang tak terpakai di pabrik (idle) mencapai 930.000 unit. 




Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto mengatakan industri saat ini tengah mencari cara bagaimana agar kapasitas idle ini dapat digunakan. 

"Kami punya idle capacity 930.000 unit, ini mau diapakan? Kami ini kan netral, kami ingin mengutilisasi itu apakah untuk ekspor atau apa," jelas Jongkie, saat membuka FGD Pengembangan Pasar Domestik dan Meningkatkan Ekspor Kendaraan Bermotor. 

Dia menuturkan cara yang paling baik dalam memanfaatkan kapasitas idle ini adalah dengan mengembangkan pasar ekspor. Saat ini, penjualan ekspor mobil asal RI masih rendah yakni sekitar 200.000 unit per tahun atau di bawah Thailand.

"Pabriknya sudah ada, skillnya siap, manusianya ada, tinggal bagaimana memanfaatkan utilisasi. Kalau kita bisa ekspor tentu devisi masuk. Selanjutnya, ada lapangan kerja yang bisa kita tambah," kata Jongkie.
(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading