'Bank Dunia' China Siapkan Rp 54,8 T untuk Infrastruktur

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
12 March 2018 11:34
Delegasi AIIB melakukan kunjungan sepekan ke Indonesia, di antaranya untuk melihat proyek MRT Jakarta.
Jakarta, CNBC Indonesia - Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) menyiapkan pendanaan US$ 4 miliar (Rp 54,8 triliun) hingga US$ 5 miliar untuk pembangunan infrastruktur termasuk di Indonesia. 

Direktur AIIB Christoper Legg mengatakan dari jumlah tersebut, institusinya berkomitmen memberikan porsi cukup besar ke Indonesia.  

"Dalam dua tahun sudah menyalurkan 20 pinjaman dan tiga pinjaman untuk Indonesia. Saya berharap, setidaknya kami akan membiayai US$4-5 miliar dalam dua tahun mendatang dan Indonesia akan mendapat bagian yang sangat signifikan dari itu," jelasnya usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Senin (12/3/2018). 


Legg mengatakan pihaknya akan terus berperan dalam pembangunan infrastruktur Indonesia, seiring dengan keinginan Pemerintah.  


Adapun, Direktur AIIB Rionald Silaban menyebut bank infrastruktur Asia itu punya kemungkinan untuk membangun kantor perwakilan di Indonesia, yang merupakan salah satu pendiri dan anggot permanen AIIB.  

"In the future mungkin akan terjadi, tapi saat ini kami fokus untuk build up kapasitas di headquarter," tuturnya.  

Setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pagi ini, delegasi AIIB juga akan berkunjung ke proyek mass rapid transit (MRT) Jakarta serta juga melakukan kunjungan kerja ke Solo dan Yogyakarta.  
(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading