internasional

Spotify Ajukan Pencatatan Langsung di Bursa Saham New York

News - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
01 March 2018 10:26
Spotify Ajukan Pencatatan Langsung di Bursa Saham New York
New York, CNBC Indonesia- Layanan streaming musik Spotify mengajukan pencatatan langsung untuk sahamnya pada hari Rabu (28/1/2018). Perusahaan tersebut mengambil langkah yang berbeda dari perusahaan besar untuk masuk ke pasar modal Amerika Serikat (AS).

Pencatatan langsung akan membuat saham Spotify dimiliki oleh investor atau karyawan, tetapi tanpa melakukan belanja modal atau menggunakan jasa bank Wall Street atau broker untuk menanggung penawaran tersebut di lantai bursa.

Pihak perusahaan tidak memberikan informasi rinci di lembar pengajuan terkait harga saham atau jumlah saham yang dicatatkan. Meskipun begitu, Reuters memperkirakan nilainya sekitar US$19 miliar (Rp 262 triliun) berdasarkan lembar pengajuan.


Spotify, yang diluncurkan tahun 2008 dan tersedia di lebih dari 60 negara, adalah perusahaan streaming musik terbesar di dunia. Perusahaan ini menganggap layanan dari Apple Inc dan Amazon.com Inc sebagai saingan utamanya.



Spotify mengatakan lewat lembar pengajuan bahwa pihaknya memperoleh pendapatan sebesar 4,09 miliar euro ($4,99 miliar) di tahun 2017, naik dari 2,95 miliar euro dari tahun sebelumnya. Namun, kerugian operasionalnya meningkat menjadi 378 juta euro di tahun 2017, dibanding 349 juta euro di tahun sebelumnya.

Meskipun begitu, rugi bersih mengembang menjadi 129% di tahun 2017 yang sebagian besar didorong oleh pengeluaran pembiayaan terkait kesepakatan di tahun 2016. Di tahun itu, perusahaan yang berbasis di Swedia ini mendapatkan $1 miliar utang yang akan diubah menjadi saham di penawaran umum perdana (initial public offering/IPO). 

Pada lembar pengajuannya, pihak perusahaan mengatakan memiliki 71 juta pelanggan premium dan sekitar 159 juta pengguna rata-rata setiap bulannya.
Sebagai perbandingan, Apple Music yang diluncurkan tahun 2015 memiliki 36 juta pelanggan berbayar dan Amazon Music Unlimited mempunyai 16 juta pelanggan berbayar. Sementara itu, Pandora Media Inc memiliki 5,48 juta total pelanggan.
Biaya berlangganan Spotify premium adalah $9,99 per bulan. Harga yang sama juga ditetapkan Apple Music untuk masa percobaan tiga bulan. Berbeda dengan Spotify, Apple tidak memiliki layanan bebas iklan.

"Dengan layanan yang didukung iklan, kami yakin ada peluang besar untuk menumbuhkan jumlah pengguna dan meraih pangsa pasar dari radio terestrial tradisional," kata pihak Spotify.

Perusahaan tersebut diperkirakan memiliki nilai antara $16,8 miliar sampai $22,5 miliar, ditaksir dari harga saham biasa antara $95 sampai $127,50 di pasar swasta pada bulan Februari dan 178 miliar lembar saham yang diperkirakan beredar di akhir Februari, menurut lembar pengajuannya.

Perusahaan tersebut berencana untuk mencatatkan saham di Bursa Saham New York (New York Stock Exchange) dengan kode "SPOT".

Sebelumnya di bulan Desember, Spotify dan divisi musik dari Tencent Holdings Ltd China mengatakan mereka akan saling membeli kepemilikan minoritas. 
Menurut lembar pengajuan Spotify, pertukaran tersebut adalah bagian dari rangkaian besar kesepakatan dengan pemegang saham yang memungkinkan mereka melakukan pencatatan langsung ketimbang penawaran umum untuk melegakan kondisi utangnya yang bisa ditukarkan. Tencent sepakat untuk tidak mentransfer sahamnya selama tiga tahun.

Kesepakatan tersebut membantu Spotify, pionir streaming musik di Eropa dan Amerika Utara, serta Tencent Music yang focus di China untuk meningkatkan paparannya di pasar inti masing-masing.

Selain menghemat ratusan juta dolar untuk biaya penanggungan, pencatatan langsung juga membebaskan orang di luar perusahaan dari segala bentuk periode terkunci yang membatasi mereka dari menjual sahamnya setelah pencatatan.
Pencatatan langsung tidak melemahkan kepemilikan layaknya yang terjadi di IPO konvensional. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading