Internasional

Samsung Luncurkan Galaxy S9, Fokus Pada Fitur Media Sosial

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
26 February 2018 06:22
Samsung Luncurkan Galaxy S9, Fokus Pada Fitur Media Sosial
Barcelona, CNBC Indonesia - Samsung Electronics meluncurkan ponsel pintar terbarunya, Galaxy S9, hari Minggu (25/2/2018) yang mengutamakan aplikasi-aplikasi visual untuk media sosial. Hal itu dilakukan Samsung untuk menarik konsumen muda yang melek teknologi sebagai strategi bertahan di tengah pasar ponsel yang lesu.

Di saat pasar ponsel pintar global diperkirakan akan stagnan atau bahkan menurun tahun ini setelah tumbuh tipis sekitar 1% tahun lalu, para perusahaan pembuat ponsel memfokuskan diri pada fitur-fitur yang dapat membuat konsumen mengganti ponselnya lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Presiden Samsung untuk informasi teknologi dan mobile communications, DJ Koh, mengatakan fungsi terpenting ponsel saat ini adalah komunikasi visual dan Galaxy S9 didesain untuk generasi visual dan sosial, dilansir dari Reuters.


Ponsel terbaru itu dilengkapi dengan fitur kamera yang lebih baik, aplikasi suara yang dilengkapi kecerdasan buatan (artificial intelligence), dan fungsi media sosial yang lebih mudah digunakan daripada tipe ponsel pintar Samsung sebelumnya.


Fitur-fitur terbaru itu termasuk pengaturan otomatis kamera untuk video super-slow motion yang nampaknya akan segera muncul di feed Instagram dan piranti lunak yang dapat mengubah selfie menjadi emoji secara instan.

Ben Wood, analis dari CCS Insight, mengatakan S9 dan tipe dengan layar yang lebih besar, S9 Plus, seluruhnya adalah penyempurnaan dari S8 sebelumnya,

"S9 menggarisbawahi dilema yang dialami seluruh pembuat ponsel pintar. Inovasi ponsel pintar telah stagnan dan sekarang inovasi hanyalah tentang perubahan kecil, seperti teknologi layar, fitur kamera, dan kekuatan pemrosesan," ujarnya.

"Sepertinya akan sulit menjual produk ini namun tujuan sebenarnya dari peluncuran S9 adalah menyempurnakan produk yang sebenarnya telah bagus karena Samsung akan kembali bersaing dengan Apple," tambahnya.

Huawei Technologies, saingan Samsung dari China yang berada di posisi ketiga dalam daftar penjualan global tahun lalu, meluncurkan notebook PC dan dua tablet Android pada hari yang sama. Perusahaan ini akan meluncurkan ponsel andalannya di Paris, Perancis, bulan depan.

"Tidak adanya peluncuran ponsel pintar baru oleh kompetitor kuatnya, Samsung memiliki kesempatan besar untuk memimpin pasar ponsel pintar dan kembali bersaing dengan Apple iPhone X," kata Thomas Husson, analis dai Forrester.

Namun, ia juga memperkirakan Huawei akan meluncurkan ponsel baru yang kompetitif yang dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan dan harga yang lebih agresif. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading