Pertamina Incar Sejumlah Blok Migas dari Lelang ESDM

News - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
20 February 2018 11:26
Pertamina Incar Sejumlah Blok Migas dari Lelang ESDM
  • Pertamina menargetkan untuk mengebor 27 sumur eksplorasi tahun ini
  • Kementerian ESDM melelang 26 blok migas di awal 2018, dan akan membuka lelang berikutnya 6 bulan mendatang. Jumlah blok yang ditawarkan untuk dikerjakan calon investor diperkirakan mencapai 40 blok. 

Jakarta, CNBC Indonesia- PT Pertamina (Persero) memastikan sedang mengincar beberapa blok migas yang dilelang oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di awal tahun ini.

"Ada beberapa blok eksplorasi yang cukup menarik untuk kita evaluasi lebih detail," kata Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam kepada CNBC Indonesia, Selasa (20/2/2018).

Meski begitu, Pertamina masih belum mau membuka blok-blok mana saja yang diincar dan berapa jumlah pastinya karena masih confidential. Tetapi, Syamsu melanjutkan, untuk tahun ini perseroan masih gencar untuk mencari sumur-sumur migas baru untuk dibor.


"Untuk keseluruhan hulu, rencananya ada 27 sumur eksplorasi," kata Syamsu.



Kementerian ESDM kemarin membuka lelang untuk 26 blok migas, yang terdiri dari 24 blok migas konvensional dan 2 blok migas non konvensional. Keseluruhan blok tersebut ditawarkan dengan skema gross split kepada para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menargetkan blok yang dilelang di tahap awal ini setidaknya bisa laku hingga separuh jumlah yang ditawarkan. Rencananya, pemerintah akan melelang hingga 40 blok migas di tahun ini. "Sisanya mungkin sekitar 6 bulan lagi ditawarkan, saya belum bisa pastikan karena harus lihat datanya dulu." (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading