Internasional

Kuba Sempat Terima Pengampunan Utang dari Kreditur

News - 
 Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
10 February 2018 18:42
Utang Kuba Sempat Diperdagangkan

Utang Kuba Sempat Diperdagangkan

Banyak anggota London Club yang sudah menahan utang ini selama beberapa dekade. Mengeluarkan uang untuk pengacara mahal adalah isyarat bahwa mereka yakin sekarang adalah saat yang tepat untuk meraih kesepakatan.

Akibat pembatasan perdagangan yang diterapkan Amerika Serikat (AS) terhadap Kuba saat ini, Buchheit harus mendapatkan lisensi khusus dari Kementerian Keuangan AS karena dia seorang warga negara Amerika.

Utang komersial Kuba, yang diterbitkan oleh bank-bank Eropa di tahun 80-an, sudah diperdagangkan 6 sen dolar sampai 8 sen dolar selama 10 tahun terakhir. Kesepakatan-kesepakatan ini hadir tanpa preseden. Utang Liberia diperdagangkan 3 sen dolar di tahun 1990-an, dan kreditur akhirnya menerima 21 sen dolar pada kesepakatan tahun 2008. 


Pada tahun 2015 silam, para kreditur mengatakan kepada CNBC International, mereka yakin utang tersebut akan diselesaikan dengan 27 sen dolar sampai 49 sen dollar. Kini, mereka menolak untuk menjelaskan penawarannya.

Belum jelas apakah pemerintah Kuba sebenarnya menginginkan investasi asing dalam skala besar. Selama relasi yang cair antara AS dan Kuba di bawah pemerintahan Obama, ratusan perusahaan internasional, sebagian dari Amerika, datang ke Kuba untuk mencari peluang. Jumlah kesepakatan yang diraih hanya beberapa, sebagian besar di bidang pariwisata yang akan membawa devisa yang sangat dibutuhkan akibat krisis uang tunai pada rezim komunis itu. (roy/roy)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading