Ekonomi Digital Akan Berkontribusi Pada PDB Tahun 2025

News - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
05 February 2018 19:15
Ekonomi Digital Akan Berkontribusi Pada PDB Tahun 2025
Jakarta, CNBC Indonesia — Ekonomi digital masih belum akan berkontribusi maksimal pada pertumbuhan ekonomi Indonesia, yang diperkirakan mencapai 5,4% pada tahun ini.

Indonesia baru akan merasakan kontribusi ekonomi digital pada tahun 2025. Pada tahun tersebut, produk domestik bruto (PDB) Indonesia mencapai US$35 miliar.

Menurut pengamat ekonomi Chatib Basri, teknologi digital yang diterapkan dalam bisnis, masih membutuhkan waktu lama untuk bisa memberikan kontribusi pertumbuhan ekonomi dikarenakan beberapa hal. Diantaranya yaitu adaptasi yang harus dilakukan pemerintah serta keterampilan baru bagi sumber daya manusia (SDM) yang saat ini masih melakukan sistem kerja secara konvensional.


“Wah belum bisa (tumbuhkan ekonomi di 2018), mungkin beberapa tahun ke depan. Namun saya kira polanya sudah terjadi sekarang seperti di Go-Jek maupun e-commerce dia sudah bangun tuh analytics-nya (data konsumen analisis),” ujar Chatib Basri, di The Ritz Carlton Hotel, Senin, (5/2/2018).

Saat ini adaptasi dalam teknologi digital dinilainya masih belum maksimal, terlihat berbagai sektor yang masih melakukan cara konvensional namun belum memiliki sumberdaya manusia yang mampu untuk memakai teknologi digital tersebut.

Selain itu, SDM yang dimiliki industri yang masih menerapkan sistem secara konvensional, diharuskan untuk melakukan training (pelatihan) untuk mentransformasi pekerjaan konvensional karyawannya.

“Jadi misalnya pelayan toko maupun akuntan yang tadinya melakukan pekerjaan tidak secara data intensif (konvensional) harus menjadi data intensif (online teknologi), tentunya mereka harus di training, mereka juga bisa tetap bekerja. Jadi harus ada interpretasi, kalo enggak mereka akan hilang (nganggur)”, tambah Chatib. (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading