Peningkatan Leverage Pertamina Jadi Tujuan Holding Migas

News - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
23 January 2018 18:32
Peningkatan Leverage Pertamina Jadi Tujuan Holding Migas
Jakarta, CNBC Indonesia– Rencana masuknya PT Perusahaan Gas Negara/PGN (Persero) ke PT Pertamina (Persero), pemerintah berharap akan tercipta efisiensi, efektivitas, dan kemampuan untuk investasi kedua perusahaan di masa depan.

“Selain itu, tentu yang diharapkan Menteri Badan Usaha Milik Negara supaya menjadikan leverage Pertamina lebih besar,” kata Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno. Ini artinya pembentukan holding bisa meningkatkan aset dan kemampuan finansial Pertamina untuk mencari potensi pembiayaan. 




Khusus untuk subholding Gas, yang akan diisi PGN dan Pertagas, diharap dapat meningkatkan pemanfaatan gas. Komponennya adalah accessibility, acceptability, affordability, dan availability.

“Kami harap konsumen dapat lebih mudah mengakses gas dan ada peningkatan pemanfaatan energi ramah lingkungan. Harga gas juga diharap bisa lebih terjangkau,” kata Fajar.

Sumber gas, disampaikan Fajar, juga diharap lebih mudah didapatkan. Pembangunan antara Pertamina dan PGN juga diharapkan dapat terintegrasi, sehingga tidak terjadi duplikasi pembangunan di daerah yang sama. “Jadi tidak ada investasi untuk daerah yang sama,” ujarnya.

Pembentukan Holding Migas mencapai tahap baru, di mana Peraturan Pemerintah hanya tinggal menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo. Diperkirakan, PP terbit minggu ini bersamaan dengan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) PGN pada 25 Januari 2018 mendatang. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading