AS Kembali 'Shutdown'

Trump Sahkan Anggaran dan Akhiri Penutupan Pemerintah AS

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
23 January 2018 11:36
Trump Sahkan Anggaran dan Akhiri Penutupan Pemerintah AS
  • Presiden AS Donald Trump menandatangani rancangan undang-undang yang mengakhiri penutupan pemerintah
  • Ratusan ribu pegawai negeri akan kembali bekerja pada hari Selasa pagi

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menandatangani dan mengesahkan rancangan undang-undang (RUU) yang mengakhiri penutupan pemerintah. Dengan demikian, ia juga memberi anggota Kongres AS waktu tambahan untuk menuntaskan masalah reformasi imigrasi.

Ratusan ribu pegawai negeri diharapkan kembali bekerja pada hari Selasa pagi setelah dirumahkan sepanjang hari Senin.


Undang-undang yang baru saja disahkan tersebut akan mendanai kegiatan pemerintah selama 17 hari dan mendanai program asuransi anak-anak, CHIP, selama enam tahun. Namun, pendanaan ini tidak termasuk dana untuk imigran anak-anak yang sedang menghadapi deportasi, yang awalnya diminta oleh anggota Senat dari Partai Demokrat.


Negosiasi mengenai RUU tersebut hampir seluruhnya terjadi di Senat. Pemimpin Mayoritas, Mitch McConnell, pada Jumat malam minggu lalu gagal mengumpulkan 60 suara minimal yang diperlukan agar pemerintahan tetap beroperasi.

Namun pada Senin pagi, yang merupakan hari pertama pegawai negeri AS dirumahkan karena pemerintahan ditutup, McConnell mengatakan ia bersedia membawa topik DACA dan masalah imigrasi lainnya dalam pembicaraan Senat sebelum 8 Februari. Oleh karena itu, Pemimpin Minoritas Senat dari Partai Demokrat, Chuck Schumer, akhirnya mengonfirmasi kubunya setuju untuk membuka kembali pemerintah dan menangani masalah imigrasi dalam waktu tiga minggu.

Trump tidak hadir dalam negosiasi selama tiga hari terakhir tersebut dan hanya berbicara dengan anggota Partai Republik melalui telepon namun menolak untuk berbicara dengan anggota Partai Demokrat.

Setelah pemungutan suara di Senat pada hari Senin, Trump mengeluarkan pernyataan bahwa ia “senang Demokrat akhirnya menggunakan akal sehat.”

“Begitu didanai, pemerintahan saya akan berupaya memecahkan masalah imigrasi ilegal yang tidak adil ini. Kami akan membuat kesepakatan jangka panjang mengenai imigrasi jika, dan hanya jika, itu bagus untuk negara kita,” kata Trump. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading