AS Kembali 'Shutdown'

Senat Tunda Voting, Penutupan Pemerintah AS Masuk Hari Ketiga

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
22 January 2018 11:58
Senat Tunda Voting, Penutupan Pemerintah AS Masuk Hari Ketiga
Washington, CNBC Indonesia - Penutupan sementara aktivitas pemerintah Amerika Serikat (AS) atau government shutdown akan memasuki hari ketiga pada Senin (22/1/2018) karena Senat gagal mencapai kesepakatan untuk memecah kebuntuan sebelum hari kerja dimulai pekan ini.

Ini adalah penutupan pemerintah AS yang pertama sejak 2013. Tahun itu, aktivitas pemerintahan dihentikan selama 16 hari.

Dilansir dari CNBC Internasional, Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell pada Minggu malam mengatakan akan mengusahakan percepatan pembahasan anggaran belanja pemerintah pada pertemuan lanjutan Senin siang.


Sebelumnya, ia berencana mengadakan pemungutan suara prosedural selambatnya pukul 10.00 hari Minggu malam. Namun, kesepakatan gagal tercapai sebab Pemimpin Minoritas Senat Chuck Schumer merasa keberatan karena Demokrat masih belum melihat kemajuan yang berarti dalam pembahasan isu-isu tertentu, seperti imigrasi.

Hal tersebut menyebabkan shutdown akan berlanjut hingga hari Senin ketika akibat dari kegagalan pembiayaan belanja pemerintah akan lebih terasa di hari kerja.

Sekitar satu juga pegawai federal tidak akan masuk kerja bila penghentian aktivitas pemerintahan masih berlangsung sementara pasar keuangan akan bereaksi terhadap disfungsi Washington tersebut untuk kali pertama sejak pemerintahan ditutup akhir pekan lalu.

Kontrak berjangka (futures) saham AS jatuh pada hari Minggu akibat shutdown tersebut.

Dow Jones Industrial Average futures turun 32 poin setelah sebelumnya sempat anjlok sebanyak 101 poin. Kontrak berjangka S&P 500 dan Nasdaq 100 turun masing-masing 3 poin dan 5 poin.

Indeks-indeks acuan Wall Street sendiri tampaknya tidak terpengaruh kabar tersebut sebagaimana terlihat pada penutupan perdagangan hari Jumat lalu atau hanya beberapa jam sebelum shutdown diumumkan.

Dow Jones Industrial Average menguat 53,91 poin atau 0,21% menjadi 26.071,72 pada perdagangan hari Jumat. S&P 500 ditutup naik 12,27 poin atau 0,44% di 2.810,3 sementara Nasdaq Composite naik 40,33 poin atau 0,55% ke 7.336,38, dilansir dari Reuters.  (prm/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading