AS Kembali 'Shutdown'

Senat AS Sepakat Akhiri Penutupan Pemerintahan

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
23 January 2018 06:38
Senat AS Sepakat Akhiri Penutupan Pemerintahan
Washington, CNBC Indonesia - Senat Amerika Serikat (AS) akhirnya mengakhiri perdebatan sengit yang telah berlangsung selama beberapa hari terakhir dan sepakat untuk melanjutkan pembahasan rancangan undang-undang anggaran belanja pemerintah sementara yang akan mengakhiri penutupan pemerintahan (shutdown) saat ini.


Tindakan sementara untuk membiayai pemerintahan hingga 8 Februari dengan mudah memenangkan pemungutan suara dengan posisi 81:18 pada hari Senin (22/1/2018) waktu setempat. Hal itu terjadi setelah kubu Partai Demokrat mendapat jaminan dari Partai Republik bahwa pemerintah akan mengurus nasib ratusan ribu imigran muda yang sedang menghadapi ancaman deportasi mulai awal Maret, dilansir dari AFP.

Anggaran belanja tersebut sekarang berpindah ke meja Kongres untuk mendapat persetujuan lebih lanjut. Pemimpin Partai Republik telah mengatakan kubunya memiliki cukup dukungan dari anggota Kongres untuk meloloskan anggaran tersebut sebelum mengirimkannya ke Gedung Putih untuk ditandatangani dan disahkan oleh Presiden AS Donald Trump.


Pemerintah AS telah menghentikan aktivitas pemerintahannya sejak akhir pekan lalu karena perdebatan antara kedua kubu di parlemen menyebabkan anggaran sementara tidak dapat dicairkan untuk membayar gaji pegawai negeri. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading