ESDM Terbitkan Aturan untuk Batasi Margin Trader Gas

News - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
16 January 2018 12:24
margin biaya niaga untuk para trader ditetapkan hanya 7% dari harga gas bumi
  • Biaya niaga dibatasi hanya 7% dari harga gas bumi
  • Apabila terdapat banyak trader, maka margin tersebut berlaku tetap dan dibagi rata untuk seluruh trader

Jakarta, CNBC Indonesia- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akhirnya menerbitkan peraturan yang membatasi margin biaya yang bisa diambil oleh para pedagang gas. Terbitnya aturan ini diharapkan bisa menekan harga gas di konsumen.

Aturan tersebut adalah Peraturan Menteri Nomor 58 Tahun 2017 tentang harga jual gas bumi melalui pipa pada kegiatan usaha hilir minyak dan gas bumi. 

Salah satu perbedaan beleid yang diterbitkan pada 29 Desember 2017 ini adalah dibatasinya margin yang bisa diambil oleh para pedagang gas saat menjual gas ke konsumen. "Sebelumnya kan marginnya tidak diatur, dia bisa bebas ambil margin buat dijual lagi ke konsumen. Sehingga harga gas di end user jadi mahal," kata Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Fansrullah Asa kepada CNBC Indonesia, Selasa (16/01/2018).


Margin tersebut tepatnya diatur di Pasal 6 peraturan menteri yang dimaksud. Pasal menyebut biaya niaga ditetapkan maksimal sebesar 7% dari harga gas bumi. Apabila dalam hal penyaluran gas bumi sampai ke konsumen terdapat lebih daru satu badan usaha pemegang izin usaha niaga, biaya niaga sebagaimana dimaksud dibagi di antara badan badan usaha. 

"Ini artinya mau ada berapapun tradernya di satu pipa, biaya niaganya tetap segitu nanti mereka harus bagi rata," ujar Fansrullah. 

Keberadaan trader gas di bisnis gas memang kerap jadi polemik. Fansrullah menjelaskan sebenarnya ada aturan yang mengatur bahwa dalam jalur distribusi gas seharusnya hanya terdapat satu trader saja. Tetapi praktiknya selama ini kehadiran trader bisa berlapis, hingga tiga tingkat. Alhasil harga gas di konsumen pun menjadi mahal dan bisa menyentuh dua digit per juta british thermal unitnya (MMBTU).

Dengan aturan ini, ia mengharapkan harga gas bisa ditekan hingga satu digit. Sebab, formula perhitungan sudah semakin jelas. "Trader tidak bisa semena-mena ambil margin, kalau sudah berlaku kemungkinan harga gas bisa kita tekan sampai satu digit untuk konsumen."
(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading