Menkominfo Janji Selesaikan Pembangunan Broadband Tahun ini

News - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
11 January 2018 09:38
Menkominfo Janji Selesaikan Pembangunan Broadband Tahun ini
  • Kementrian Komunikasi dan Informasi menargetkan pada akhir 2018 pembangunan broadband dapat diselesaikan. Sehingga secara akses dapat menghubungkan jaringan 4G diseluruh Indonesia. 
  • Saat ini akses jaringan 4G di Indonesia masih mencakup sekitar 300 kota dan kabupaten di seluruh wilayah Indonesia dari total sekitar 514 kabupaten dan kota
Jakarta, CNBC Indonesia- Kementrian Komunikasi dan Informatika menyatakan penyelesaian pembangunan frekuensi jaringan (broadband) menjadi fokus utama di 2018 untuk penyediaan akses telekomunikasi nasional yang merata.

“Cetak biru kita tetap fokus pada broadband yang merupakan bagian dari proyek palapa ring ini,” ujar Menkominfo Rudiantara saat berada di Ciputra Artpreneur, Rabu (10/01/2018).

Pihaknya menargetkan pada akhir 2018 pembangunan broadband dapat diselesaikan. Sehingga secara akses dapat menghubungkan jaringan 4G diseluruh Indonesia. Dan secara jaringan seluruh wilayah dapat terhubung dengan teknologi broadband.


“Konstruksi bulan depan rencananya selesai, jadi paket untuk wilayah barat kuartal I-2018 sudah selesai. Sementara paket untuk wilayah tengah di pertengahan tahun kiami targetkan selesai, paket timur akhir 2018 juga selesai,” ujar Rudi.

Pihaknya menambahkan, saat ini akses jaringan 4G di Indonesia masih mencakup sekitar 300 kota dan kabupaten di seluruh wilayah Indonesia dari total sekitar 514 kabupaten dan kota.

“Kami akan kebut proyek tersebut, ujung-ujungnya paling lama kalo ada tantangan khusus dalam pengembangan broadband di daerah Papua kita memperkirakan kuartal pertama 2019 itu sudah waktu terakhir selesai”tambah Rudi.

Pembangunan teknologi broadband, merupakan bagian akhir dari proyek Palapa Ring yang mengitegrasikan jaringan telekomunikasi di Indonesia secara merata dengan menyebarkan sekitar 36 ribu kabel serat optik mulai sisi barat hingga Timur Indonesia.

Dengan terlaksananya proyek Palapa Ring tersebut, penerimaan jaringan telekomunikasi dan jaringan internet yang cepat dapat dinikmati oleh masyarakat Indonesia secara seimbang baik yang berada di pedesaan maupun di perkotaan.
(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading