Beras Sejahtera Disalurkan untuk Turunkan Harga

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
09 January 2018 13:41
Beras Sejahtera Disalurkan untuk Turunkan Harga
  • Penyaluran beras sejahtera (rastra) melengkapi operasi pasar Bulog guna mengendalikan harga komoditas tersebut di pasar
  • Pemerintah belum membahas opsi impor beras karena masih menunggu hasil panen pada Februari


Jakarta, CNBC Indonesia – Beras sejahtera (rastra) ke – 13 segera disalurkan ke pasar tradisional untuk menahan kenaikan harga pangan itu.

Kebijakan tersebut melengkapi operasi pasar yang dilakukan Bulog mulai bulan ini.


Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan hal itu setelah rapat koordinasi yang dipimpin oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Selasa (09/01/2018).

Berdasarkan perkembangan harga di situs resmi Kementerian Perdagangan yang diakses siang ini, tercatat harga beras untuk jenis medium berada pada kisaran Rp 11.110 per kg atau jauh di atas harga eceran tertinggi (HET) sebesar Rp 9.450 per kg.

“Harga beras memang bergerak naik, dan berdasarkan laporan Kementerian Pertanian, bulan ini ada panen tapi sedikit. Untuk itu pemerintah akan menjalankan rastra bulan ke-13 selain operasi pasar dari Bulog,” jelas Darmin.



Adapun Bulog melalukan operasi pasar dengan menyalurkan beras medium ke pasar tradisional sebanyak 13.000 ton per hari dengan harga Rp 9.300 per kg.

Darmin menyebut pemerintah belum membahas opsi impor karena masih menunggu panen pada bulan depan yang diproyeksi menghasilkan 3-4 juta ton beras.

(ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading