Bukan Cuma Buat Mahar, Emas Bisa Jadi Modal Kawin

My Money - Aulia Akbar, CNBC Indonesia
09 January 2023 12:45
Ilustrasi Pernikahan Foto: Getty Images/iStockphoto/luana rigolli

Jakarta, CNBC Indonesia - Dibukanya kembali perbatasan internasional China langsung membuat harga emas melambung hingga ke level tertinggi di tujuh bulan terakhir. Harga emas Antam juga ikut naik, dan per 9 Januari 2023, harga emas per gram dibanderol Rp 1.033.000.

Seperti diketahui, logam mulia yang satu ini merupakan salah satu instrumen investasi yang mudah dipahami dan bisa dimulai dengan modal kecil. Emas sangat cocok digunakan untuk investasi jangka panjang, sebut saja untuk mengumpulkan dana pensiun, membiayai pendidikan anak, atau membeli aset lainnya.

Lantas, apakah bisa bagi kita menggunakan emas untuk membiayai pernikahan?

Idealnya, emas juga bisa dijadikan mahar pernikahan. Tapi jangan salah, emas juga bisa digunakan untuk jadi modal pesta pernikahan dan lain sebagainya.

Berikut adalah tips cerdas memanfaatkan emas untuk biaya pernikahan.

Tentukan kapan pernikahan berlangsung

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan kapan Anda akan melangsungkan pernikahan.

Apabila pernikahan tersebut berlangsung dalam jangka pendek atau di antara satu hingga tiga tahun, maka lupakanlah emas dan gunakan reksa dana pasar uang, deposito, surat utang negara, atau rekening bank biasa.

Emas adalah instrumen yang cocok digunakan untuk investasi jangka menengah hingga panjang. Hal itu disebabkan karena harga emas berfluktuasi dan ada selisih dari harga beli dan jual yang cukup tinggi.

Itu artinya, tanpa kenaikan harga emas yang signifikan, bisa jadi investasi Anda di logam mulia malah merugi.

Jika Anda merencanakan pernikahan dalam empat tahun atau lebih, maka logam mulia ini bisa Anda jadikan instrumen untuk mengumpulkan dana tersebut.

Ketahui berapa estimasi biaya pernikahan Anda

Tanpa mengetahui estimasi biaya pernikahan, maka Anda tidak akan tahu berapa uang yang harus Anda alokasikan untuk berinvestasi emas.

Mulailah melakukan riset seputar pengeluaran pesta pernikahan dengan bertanya ke kerabat atau saudara Anda. Lakukan perhitungan secara detil seputar pos-pos pengeluaran, mulai dari harga catering, dekorasi, wedding organizer, music, dan lain sebagainya.

Waspadai pula pengeluaran tak terduga. Alokasikan saja dana sebesar 10-20% dari total biaya resepsi untuk pengeluaran ini.

Berinvestasilah secara rutin

Konsistensi adalah kunci, meski jumlah yang bisa Anda alokasikan tidak besar, namun target itu bisa saja tercapai jika Anda konsisten dalam melakukannya.

Sisihkan uang sesuai dengan kemampuan menabung Anda setiap bulan untuk membeli emas. Jika 1 gram dirasa terlalu berat, gunakanlah fitur tabungan emas yang disediakan beberapa lembaga keuangan atau bank.

Atau Anda bisa mempertimbangkan juga untuk berinvestasi setiap minggu di tabungan emas. Hal ini tentu bisa membantu Anda memenuhi target mengumpulkan uang untuk pernikahan Anda.

Sisihkan >10% penghasilan untuk beli emas

Selain konsisten, jumlah yang harus dialokasikan juga penting untuk diketahui. Alokasikan dana minimal 10% dari pemasukan Anda untuk membeli emas setiap bulan.

Ketahui pula bahwa semakin besar dana yang bisa Anda alokasikan, tentu semakin baik.

Alangkah sangat baik jika Anda bisa membeli 1 gram setiap bulannya. Karena dalam lima tahun ke depan, tanpa disadari Anda akan sudah memiliki 60 gram emas.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bukan Duit! Tabungan Pendidikan Anak Ini Sakti Saat Krisis


(aak/aak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading