Mau Jadi Kaya? Ini Caranya Menurut Warren Buffett

My Money - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
16 November 2022 10:20
Infografis/Gokil!! Dari perusahaan cokelat, warren buffett cuan 8000%/Aristya Rahadian Foto: Infografis/Gokil!! Dari perusahaan cokelat, warren buffett cuan 8000%/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Menjadi lebih kaya adalah impian umum tiap orang. Akan tetapi seringkali impian itu 'mandek' karena tidak memiliki arah atau petunjuk dalam mewujudkan mimpi itu.

Nah! Bapak investor dunia Warren Buffett memberikan 10 aturan menjadi kaya yang diterbitkan oleh Majalah Parade pada 2008. Berikut 10 aturan tersebut:

1. Investasikan Kembali Keuntungan

Biasanya saat mendapatkan uang akan tergoda untuk membelanjakannya. Jangan! Sebaliknya, investasikan kembali keuntungannya. Sehingga keuntungannya akan semakin menggulung, konsep ini juga biasanya disebut compunding interest atau bunga berbunga.

2. Menjadi Berbeda

Jangan mendasarkan keputusan Anda pada apa yang dikatakan atau dilakukan semua orang. Apalagi higga FOMO (Fear Out Missing Out) karena semata-mata mengikuti rekomendasi orang lain sehingga tidak menganalisis kembali. Ingat ketika anda rugi yang merasakan rugi hanya sendiri dan yang bertanggung jawab sendiri juga. Begitu sebaliknya.

"Investor saham tidak benar atau salah karena orang lain setuju atau tidak setuju dengannya;dia benar karena fakta dan analisisnya benar," kata Ben Graham, bapak value investing dunia.

3. Jangan Sampai 'Isap Jempol Anda'

Kumpulkan terlebih dahulu semua informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan.Buffett membanggakan dirinya karena dengan cepat mengambil keputusan dan bertindak berdasarkan itu.Dia menyebut duduk dan berpikir yang tidak perlu sebagai "mengisap jempol".

4. Tentukan Kesepakatan Sebelum Mulai

Pengaruh tawar-menawar selalu jadi bagianyang terbesar sebelum memulai suatu pekerjaan, saat itulah kesempatan menjelaskan hal yang bisa ditawarkan dengan pihak lain. Dengan kata lain tinggikan value diri sendiri untuk mendapatkan kesepakatan yang sesuai.

Dalam investasi kaitannya dengan nilai perusahaan apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan nilai wajarnya atau lebih murah atau lebih mahal.

5. Perhatikan Pengeluaran Kecil

Buffett berinvestasi dalam bisnis yang dijalankan oleh manajer yang terobsesi dengan biaya terkecil.Dia pernah mengakuisisi sebuah perusahaan yang pemiliknya menghitung lembaran dalam gulungan kertas toilet 500 lembar untuk melihat apakah dia ditipu.Ia juga mengagumi temannya yang hanya mengecat sisi gedung kantornya yang menghadap ke jalan.

Intinya jangan buang uang,sda perbedaan besar antara pelit dan hemat yaitu menyimpan uang dengan cara cerdas sedapat mungkin dan tidak pernah membayar lebih dari nilai yang wajar.

Ukur Sukses dan Risiko Membuat Menjadi Kaya
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading