Ssstt... Ini Rahasia Terbesar Jadi Kaya Seperti Bill Gates

My Money - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
12 January 2023 10:25
Bill Gates discusses his book Foto: Bill Gates (Photo by Evan Agostini/Invision/AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kerja keras mencari uang tidak membuat seseorang menjadi kaya, tetapi koneksi dan hubungan yang membawa diri menuju kemakmuran.

Banyak orang berpikir bahwa memiliki banyak uang artinya menjadi kaya. Maka dari itu banyak yang bekerja sekeras-kerasnya mengumpulkan "koin di jalan" untuk menuju kesejahteraan.

Sayangnya hanya sedikit yang sadar dan tahu bahwa bukan itu yang membuat seseorang menjadi dan bertahan kaya. Seseorang akan menjadi lebih cepat kaya dan mempertahankan kekayaannya dengan membangun koneksi dengan orang yang lebih kaya darinya.

Ekonom Harvard bernama Raj Chetty dalam studinya melakukan survey terhadap 72,2 juta pengguna Facebook dengan usia 25 hingga 44 tahun. Raj kemudian membagi korespondennya menjadi tiga kelompok atau "social capital".

Pertama adalah hubungan antara kelompok yang di dalamnya adalah orang yang memiliki pendapatan rendah dan pendapatan tinggi. Kelompok ini disebut "economic connectedness".

Kelompok kedua disebut "social cohesion", di mana kelompok ini lebih homogen dalam kondisi sosial ekonominya. Sedangkan kelompok ketiga adalah seseorang yang aktif berpartisipasi dalam organisasi sipil seperti kelompok sukarelawan, disebut "civic engagement".

Hasilnya, kelompok pertama yang memiliki hubungan erat dengan perubahan ekonomi. Faktanya jika anak-anak yang memiliki status menengah ke bawah dibesarkan di lingkungan dengan anak-anak dengan ekonomi kelas atas, akan membuat pendapatan mereka meningkat 20% pada masa depan.

Hal ini menjadi bukti bahwa membangun koneksi dan hubungan dengan orang yang lebih kaya dapat berdampak positif bagi penghasilan.

Manusia adalah sumber daya yang tidak akan pernah habis sehingga hubungannya perlu dijaga. Menjaga hubungan dan koneksi dengan mereka yang lebih kaya akan menarik peluang-peluang meng-upgrade diri yang tidak dapat dicapai dengan sekadar mengandalkan gelar atau sertifikat.

Perlu dicatat pentingnya menjalin hubungan dan menjaring koneksi tidak bisa asal-asalan. Prioritaskan kualitas dibandingkan kuantitas.

Jalin hubungan dengan mereka yang mendukung gagasan, memberikan ide dan pengetahuan baru, tidak menjegal, dan sejalan. Ujung-ujungnya mereka akan meng-upgrade secara signifikan kemampuan dan kekayaan pribadi.

Porter Gale mengatakan dalam wawancara yang dimuat oleh Forbes pada Selasai (4/6/2013), bahwa dia menemukan pentingnya jaringan, mengapa kualitas jaringan Anda lebih penting daripada kuantitas, bagaimana mengubah koneksi offline menjadi koneksi kehidupan nyata dan banyak lagi.

Sekadar informasi, Porter Gale adalah ahli pemasaran dengan pengalaman lebih dari 20 tahun pengalaman dalam bidang branding, media sosial, iklan dan pembuat filim. Ia adalah penulis buku Your Network is Your Net Worth yang menjelaskan bagaimana koneksi dan hubungan menjadi aset berharga.

Para orang kaya dunia yang saat ini produknya menguasai dunia menjadi testimoni riil bagaimana hubungan dan koneksi bisa membuat orang menjadi kaya dan sukses.

Sebut saja James Watson dan Francis Crick, teman yang saling melengkapi yang menemukan rahasia kehidupan (DNA). Kemudian Steve Jobs dan Steve Wozniak yang merevolusi dunia teknologi dengan produk Apple mereka. Bill Gates dan Paul Allen yang kemudian menjadi "Guru" perangkat lunak.

Larry Page memulai Goggle dengan sahabatnya, Sergey Brin. Mereka bertemu di Universitas Stanford saat belajar untuk gelar Ph.D. dalam ilmu komputer dan meluncurkan Google pada tahun 1998. Williams Hewlett and David Packard yang bersahabat dan membuat produk HP mendunia.

Saat kalian memiliki pendapatan rendah bisa jadi bukan karena benar-benar kekurangan uang, tapi kekurangan koneksi dan hubungan dengan orang yang lebih kaya.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Artikel Selanjutnya

Mau Jadi Kaya? Ini Caranya Menurut Warren Buffett


(ras/ras)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading