Pemerintah Sering Bahas KUR, Apa dan Gimana Cara Dapetnya?

My Money - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
09 April 2022 10:15
2022, BNI Bakal Salurkan KUR Rp 38 T

Jakarta, CNBC Indonesia - Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi salah satu segmen usaha yang berperan penting menjadi katalis dan penopang ekonomi di Indonesia. Sayangnya, kompleksitas kondisi permodalan menjadi halangan tersendiri bagi pengusaha kecil untuk mengembangkan usahanya, terutama saat pandemi Covid-19. 

Untuk itu, pemerintah menyediakan Kredit Usaha Rakyat atau KUR, yakni kredit atau pinjaman yang menjadi bagian dari program pemerintah untuk memudahkan UMKM dalam mendapatkan pembiayaan atau modal usaha. Skema ini dirilis pada 2007, dan menjadi salah satu solusi jitu bagi UMKM untuk mengembangkan usahanya.

Pembiayaan dengan skmea penjaminan tersebut diberikan oleh pemerintah melalui perbankan kepada pelaku UMKM baik individu, badan usaha atau kelompok usaha produktif dan layak. Akan tetapi belum bankable.


Adapun syarat umum yang harus dipenuhi pelaku UMKM agar bisa mendapatkan KUR, di antaranya;

1. Tidak sedang memperoleh pembiayaan KUR dari bank lain atau tidak sedang menerima kredit program dari Pemerintah

2. Usaha sudah beroperasi atau berjalan minimal enam bulan demi perkuat nilai survei bank

3. Pastikan usaha yang dijalankan sehat atau meraih keuntungan dan dapat dibuktikan melalui laporan keuangan

Sedangkan untuk dokumen, pelaku UMKM harus melengkapi dokumen seperti Identitas diri nasabah, legalitas usaha, perizinan usaha, dan catatan pembukuan atau laporan keuangan.

Adapun beberapa Bank yang ditunjuk pemerintah untuk menyalurkan KUR ini di antaranya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Mandiri, Bank BCA, Bank Bukopin, Bank Sinarmas, Maybank, BTPN, Bank OCBC NISP Bank Permata dll. Total ada sekitar 40 lembaga keuangan yang ditunjuk pemerintah sebagai penyalur KUR.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Sampai Bengkak! Gini Pakai Kartu Kredit dengan Bijak


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading