Kamu Mau Ajukan KUR BRI? Perhatikan Dulu Hal Ini

My Money - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
30 August 2022 12:49
Tangkapan Layar  Sosialisasi Akses Permodalan untuk Pelaku UMKM, Selasa (30/8/2022). Foto: Tangkapan Layar Sosialisasi Akses Permodalan untuk Pelaku UMKM, Selasa (30/8/2022).

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) bertugas menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) senilai Rp 260 triliun sepanjang 2022. Saat ini 84% dari total kredit BRI telah disalurkan ke UMKM dan berkontribusi pada pemberdayaan.

Assistant Vice President Micro Sales Management Division PT BRI Asep Nugraha Sukma menjelaskan terdapat berbagai persyaratan dalam pengajuan KUR di BRI. Antara lain adalah nasabah memiliki usaha produktif dan usaha yang layak.

"Jadi tidak harus ada agunan atau besaran usaha, karena perbankan akan menilai. Jadi bukan besaran berapa inginnya (pinjaman), tapi berapa mampunya," jelas dia dalam Sosialisasi Akses Permodalan untuk Pelaku UMKM, Selasa (30/8/2022).


Adapun KUR juga bisa diberikan bagi para pelaku usaha. Dengan catatan, pelaku usaha belum memiliki pinjaman komersial, pinjaman di atas Rp 500 juta, atau pinjaman yang sifatnya tanpa agunan baik di BRI maupun di luar BRI.

Sementara itu, Asep menjelaskan bahwa BRI memiliki fitur KUR, yakni KUR Super Mikro, Kur Mikro, dan KUR Kecil. Ketiga fitur KUR tersebut memiliki persyaratannya masing-masing.

Misalnya, KUR Super Mikro memberikan plafon pinjaman hingga RP 10 juta, sedangkan KUR Mikro memberikan plafon pinjaman dari Rp 10 juta hingga Rp 100 juta. Adapun untuk plafon yang diberikan KUR Kecil yakni RP 100 juta hingga Rp 500 juta.

"Suku bunga sama-sama 6%. Tapi ketentuan PEN sampai akhir tahun, ada subsidi tambahan 3%. Artinya beban KUR tidak 6%, tapi 3%," ujar dia.

Sementara itu, dalam pemberian KUR, nasabah tidak diwajibkan pemberian agunan. Dengan catatan, pinjaman tidak lebih dari Rp 100 juta.

"Agunan yang diwajibkan hanya sampai kredit di angka 100 juta. Kalau lebih Rp 100 juta itu wajib ada agunan, yang di bawah Rp 100 juta tidak wajib ada agunan," pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam memberikan kemudahan penyaluran KUR, BRI memiliki 462 kantor cabang, 609 kantor cabang pembantu, 5.381 BRI Unit, dan lebih dari 30 ribu tenaga pemasar, dan 504.233 agen Brilink. Di samping itu, BRI juga bekerja sama dengan fintech, marketplace, hingga ride hailing.

 

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Program Unggulan BRI Dorong UKM Menembus Pasar Global


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading