Saham ZATA Kasih Cuan 35% Sesaat Setelah Listing

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
10 November 2022 09:19
Karyawan melintas di samping layar elektronik yang menunjukkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (11/10/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto) Foto: Karyawan melintas di samping layar elektronik yang menunjukkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (11/10/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bersama Zatta Jaya Tbk bakal mencatatkan sahamnya (listing) hari ini, Rabu (9/11/2022). Perusahaan menetapkan harga pelaksanaan initial public offering (IPO) di Rp 100 per saham.

Perusahaan yang juga terkenal dengan brand Elcorps Muslim Lifestyle ini menggunakan kode saham ZATA. Pada pencatatannya perdananya pagi ini, saham ZATA naik 35% setelah dibuka di level Rp 100 per saham.

Nilai transaksi sebesar Rp 5,22 miliar dengan volume transaksiĀ 38,78 juta saham. Frekuensi yang terjadi sebanyak 2.170 kali.

ZATA melaksanakan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) dengan melepas 1,7 miliar saham atau 20,01% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO.
Harga pelaksanaannya Rp 100 per saham, sehingga dana segar Rp 170 miliar bakal diraup melalui aksi korporasi ini.

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil IPO ini, setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan digunakan sekitar 5% Elcorps untuk melakukan pembayaran seluruh kewajiban keuangan perseroan terkait dengan fasilitas kredit modal kerja pinjaman tetap reguler (KMK-PTR) revolving dengan PT Bank Raya Indonesia Tbk.

Sekitar 7% akan digunakan perseroan untuk melakukan pembayaran seluruh kewajiban keuangan perseroan terkait dengan fasilitas kredit modal kerja pinjaman tetap angsuran (KMK-PTA) non-revolving dengan Bank Raya.

Sekitar 17% akan dilakukan penyetoran modal kepada BDM dan sekitar 71% akan dilakukan penyetoran modal kepada BZM.

ZATA sempat mencuri perhatian lantaran mengangkat Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym menjadi Komisaris Independen perusahaan. Pengangkatan ini berlangsung sampai dengan penutupan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan untuk tahun buku 2027.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sebelum IPO, Elzzata Angkat Aa Gym Jadi Komisaris Hingga 2027


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading