Apa Kemiripan Kasus Credit Suisse dengan Lehman Brothers?

Market - Muhammad Maruf, CNBC Indonesia
04 October 2022 13:28
Eric Lipps, 52, waits in line to enter the NYCHires Job Fair in New York, United States, December 9, 2009. REUTERS/Shannon Stapleton/File photo     SEARCH Foto: Eric Lipps, 52, menunggu dalam antrean untuk memasuki Job Fair NYCHires di New York, Amerika Serikat, 9 Desember 2009.

Jakarta, CNBC Indonesia - "Saya bertanggung jawab atas keputusan yang saya ambil. Sampai mati pun saya akan mencari tahu, saya tidak tahu kenapa hanya kami yang tidak diselamatkan," ujar Richard Severin Fuld Jr, CEO Lehman Brothers Holdings Inc.

Kalimat tersebut dinyatakan Fuld 21 hari setelah Lehman dibiarkan bangkrut oleh pemerintah Amerika Serikat pada September 2008, di depan Kongres AS. Kutipan yang diambil dari buku Tsunami Finansial ini menggambarkan betapa Lehman merasa tidak pantas dibangkrutkan karena prinsip too big too fallĀ­-istilah untuk menujukkan dampak sistemik sebuah institusi besar bila dibiarkan bangkrut.

Pelaku pasar, media kini menghubung-hubungkan kisruh di Credit Suisse, sebuah bank kakap asal Swiss yang diduga tengah mengalami kesulitan permodalan dan likuditas dengan situasi Lehman saat krisis global 2008 silam. Kenyataannya demikian. Tidak ada yang menyangka bank sebesar Lehman kala itu bisa kolaps seketika.

Tidak pula dinyana itu hanyalah puncak es krisis finansial di AS yang kemudian merambat ke pasar global. Lehman, pada lima hari sebelum bangkrut, telah mengurangi neraca keuangan hingga US$188 miliar.

Lehman lantas menyalahkan media, rumors dan lembaga rating yang dinilai begitu jahat. "Tindakan mereka membuat hilangnya kepercayaan klien dan rekanan." Kami seolah melihat kembali bayangan kelam 11 September 2001. Saat itu, kantor kami hancur berkeping-keping, karyawan berhamburan menyelamatkan nyawa. "Ini, lebih mengerikan dari sekedar kejadian tragis itu," kata Fuld.

Lehman Brothers didirikan pada 1850 oleh tiga bersaudara di Montgomery, Alabama. Awalnya sebuah toko yang kemudian menjelma menjadi bank investasi. Satu dekade kemudian, pada 2002 mencatatkan diri dalam peristiwa penting initial public offering-penawaran saham perdana--perusahaan finansial terbesar sepanjang sejarah kala itu.

Berderet gelar disematkan. Diganjar Best Investment Bank" oleh Euromoney pada 2005. Setahun kemudian, Fortune 500 menempatkan di posisi pertama, dan pada 2007 oleh majalah yang sama Lehman menyabet nomor wahid kategori "Most Admired Securities Firm".

Antara 2004 hingga 2007 Lehman terus menerus memecahkan rekor. Sejak 1994 hingga 2007 mampu melecut pendapatan bersih 600% dari US$2,73 miliar menjadi US$19,2 miliar.

Sepanjang itu, nilai saham Lehman terbang dari semula US$5 per lembar menjadi US$86 per lembar. Lehman mempekerjakan 28 ribu orang pada 60 cabang di lebih dari 28 negara.

Sampai dengan paruh pertama 2008, tak ada yang aneh pada Lehman. Pada Maret, Fuld malah mendapatkan bonus US$22 juta juta untuk prestasi luar biasa mendongkrak laba 5% menjadi US$4,2 miliar pada 2007.

Sampai saat itu, publik belum tahu brangkas uang Lehman telah jebol oleh sangkut paut miliaran transaksi derivatif. Terutama, setelah Bear Stearns mengaku bangkrut pada Maret dan Fannie Mae dan Freddie Mac yang limbung pada Juli 2008.

Apa Yang Terjadi Pada Credit Suisse?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading