Wamen BUMN: Kebocoran Garuda-Jiwasraya Dkk Kelar Tahun Ini

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
28 September 2022 16:15
Kartika Wirjoatmodjo Foto: Kartika Wirjoatmodjo

Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyebut, kebocoran utang di beberapa tubuh perusahaan pelat merah akan terselesaikan pada tahun ini. Misalnya saja seperti yang terjadi pada perusahaan maskapai PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA).

"Tahun ini InsyaAllah di 2022 yang bahasanya ember-ember bocornya Jiwasraya, Garuda itu moga-moga sudah selesai," ujarnya dalam konferensi pers di gedung BUMN Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Menurutnya, Garuda Indonesia telah mampu meraih laba sebesar US$ 3,81 miliar atau setara dengan Rp 57 triliun pada semester I-2022 dari yang sebelumnya rugi akibat himpitan utang. Capaian laba tersebut karena adanya pembalikan liabilitas atau kewajiban karena disetujuinya perdamaian dalam Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

Pada Desember 2020 tercatat laba bersih Garuda minus US$ 2,2 miliar, lalu pada Desember 2021 tercatat minus US$ 4,16 miliar. Lalu pada Maret laba masih tercatat minus US$ 1,36 miliar. Per Juni 2022 Garuda membukukan laba bersih US$ 3,81 miliar. 

"Hari ini ada beberapa terima berita tahun ini Garuda mencetak laba Rp 57 triliun sebenarnya laba buku karena itu ada pembalikan dari liabilities setelah PKPU kemarin," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir menyebut, Kementerian BUMN telah melakukan transformasi melalui berbagai inisiatif program. Di antaranya, transformasi penyehatan dan penyelamatan BUMN strategis, termasuk restrukturisasi Garuda, Waskita, Jiwasraya dan PTPN.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Wamen BUMN: BSI Bersiap Rights Issue Rp 5 T Tahun Ini


(vap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading