Bukan Indonesia, Ini Negara Penghasil Batu Bara Terbesar!

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
09 September 2022 12:47
Coal piles are seen at a warehouse of the Trypillian thermal power plant, owned by Ukrainian state-run energy company Centrenergo, in Kiev region, Ukraine November 23, 2017. Picture taken November 23, 2017. REUTERS/Valentyn Ogirenko Foto: REUTERS/Valentyn Ogirenko

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia merupakan salah satu pemain batu bara di dunia. Batu bara sendiri saat ini sedang jadi "rebutan", negara-negara di Eropa mulai menggunakan kembali batu bara sebagai pembangkit listrik.

Perang Rusia-Ukraina membuat pasokan gas ke Eropa menjadi seret, harganya pun melambung. Alhasil, dengan terpaksa batu bara kembali menjadi pilihan.

Batu bara juga merupakan komoditas ekspor utama Indonesia. Pada semester I-2022 nilai ekspor batu bara yang termasuk dalam HS 27 bahan bakar mineral sebesar US$ 29,7 miliar, meroket lebih dari 91% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Batu bara berkontribusi nyaris 19% dari total ekspor.

Indonesia juga merupakan eksportir terbesar kedua di dunia, di bawah Australia. Berdasarkan data dari World Top Exports, nilai ekspor batu bara Indonesia pada 2021 tercatat sebesar US$ 26,5 miliar, atau 21,6% dari total ekspor dunia.

Australia yang berada di urutan teratas nilainya mencapai US$ 43,9 miliar, dengan kontribusi sebesar 35,7% dari ekspor dunia.

Rusia, Amerika Serikat dan Afrika Selatan melengkapi 5 besar negara eksportir batu bara.

Yang menarik, meski menjadi pemain batu bara di dunia, Indonesia bukan merupakan penghasil terbesar.

China merupakan negara penghasil batu bara terbesar di dunia, sekaligus juga sebagai konsumen utama.

Melansir NS Energy, pada tahun 2019 total produksi batu bara China mencapai 3,7 miliar ton, atau setara 47% dari total produksi dunia.

Tingkat produksi China tersebut enam kali lipat lebih banyak ketimbang Indonesia yang berada di urutan ke-empat. Pada 2019, total produksi batu bara Indonesia sebesar 616 juta ton, berdasarkan data NS Energy.

Di atas Indonesia masih ada Amerika Serikat yang memproduksi 640 juta ton dan berada di urutan ketiga. India menempati posisi kedua dengan produksi sebesar 783 juta ton.

Sementara Australia melengkapi 5 besar dengan total produksi 550 juta ton.

TIM RISET CNBC INDONESIA 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harga Batu Bara Naik Lagi, Hampir Sentuh US$ 400/Ton


(pap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading