Analisis Teknikal

Santai, Kalau Masih Turun, Penurunan IHSG Sesi II Terbatas

Market - Putra, CNBC Indonesia
22 August 2022 12:55
Ilustrasi Bursa (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto) Foto: Ilustrasi Bursa (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 1,12% di 7.092,14 pada sesi I perdagangan awal pekan, Senin (22/8/2022). Sejak awal dibuka, IHSG langsung terkoreksi ke zona merah. 

IHSG bahkan sempat menyentuh di posisi terendah intraday di 7.066,86. Namun setelah menyentuh posisi terendahnya, IHSG mencoba rebound. Data perdagangan mencatat hanya 104 saham yang menguat, mayoritas sebanyak 435 saham melemah dan 143 saham stagnan.

IHSG resmi turun ke bawah level psikologis 7.200 pagi ini. Ada indikasi kuat terjadi profit taking setelah IHSG mencatatkan reli cukup panjang sebulan terakhir.

Untuk melihat arah pergerakan IHSG di sesi II, simak ulasan teknikal berikut.

Analisis Teknikal

JakartaFoto: Putra
Jakarta

Pergerakan IHSG dianalisis berdasarkan periode waktu jam (hourly) dan menggunakan indikator Boillinger Band (BB) untuk menentukan area batas atas (resistance) dan batas bawah (support).

Jika melihat level penutupan IHSG dan indikator BB sesi I, indeks bergerak mendekati batas bawah BB di 7.064.

Pergerakan IHSG juga dilihat dengan indikator teknikal lain yaitu Relative Strength Index (RSI) yang mengukur momentum.

Perlu diketahui, RSI merupakan indikator momentum yang membandingkan antara besaran kenaikan dan penurunan harga terkini dalam suatu periode waktu.

Indikator RSI berfungsi untuk mendeteksi kondisi jenuh beli (overbought) di atas level 70-80 dan jenuh jual (oversold) di bawah level 30-20. Indikator RSI cenderung turun ke 39,90.

Dilihat dari indikator lain yaitu Moving Average Convergence Divergence (MACD), garis EMA 12 sudah memotong garis EMA 26 dari atas dan bar histogram bergerak ke area negatif.

Peluang IHSG terkoreksi masih terbuka meskipun sudah terbatas karena koreksi sudah cukup dalam, level support terdekat IHSG berada di 7.064.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pasca libur Lebaran, IHSG Rontok 4,42% ke Bawah 7.000


(trp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading