Putin Konon Lebih Kaya Dari Elon Musk, Duitnya Dari Mana?

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
22 August 2022 07:35
Pemerintah Rusia pimpinan Presiden Vladimir Putin (SPUTNIK/AFP via Getty Images/MIKHAIL METZEL) Foto: Pemerintah Rusia pimpinan Presiden Vladimir Putin (SPUTNIK/AFP via Getty Images/MIKHAIL METZEL)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam beberapa tahun terakhir, gelar orang terkaya di dunia berpindah sebanyak 2 kali. Sebelumnya ada pendiri Microsoft, Bill Gates, yang kemudian disalip oleh Jeff Bezos yang merupakan pendiri Amazon.

Kini status orang terkaya di dunia dipegang oleh pendiri Tesla Elon Musk.

Melansir Forbes, nilai kekayaan pendiri Tesla ini sebesar US$ 270 miliar atau nyaris Rp 4.000 triliun (kurs Rp 14.800/US$. Namun, ada kemungkinan Musk bukanlah orang terkaya di dunia, sebab satu tokoh yang konon lebih tajir lagi tetapi kekayaannya sangat sulit dilacak. Orang tersebut adalah Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Pada 2017 lalu, banyak analis berusaha mengestimasikan kekayaan Putin. Hasilnya, Putin disebut memiliki kekayaan sebesar US$ 200 miliar. Itu di tahun 2017, saat kekayaan Elon Musk "hanya" US$ 20 miliar.

Pendiri Microsoft, Bill Gates masih menjadi orang terkaya di dunia pada 2017 lalu disusul Jeff Bezos, pendiri Amazon. Saat itu kekayaan Gates mencapai US$ 90 miliar dan Bezos sebesar US$ 85 miliar.

Artinya, kekayaan Putin dua kali lipat ketimbang Gates saat itu. Bahkan jika kekayaan Gates dan Bezos digabungkan, Putin masih lebih kaya.

Bill Browder, mantan CEO Herimtage Capital Management menjadi salah satu yang mengestimasi kekayaan Putin mencapai US$ 200 miliar.

"Saya mengestimasi (Putin) memiliki kekayaan sebesar US$ 200 miliar yang didapat dari sesuatu yang tidak sah," kata Browder dalam testimonisnya di hadapan Komite Kehakiman Senat Amerika Serikat pada Juli 2017, sebagaimana dilansir CNBC International.

Browder mendirikan dan memimpin Hermitage Capital Management dari 1996 hingga 2005, dan merupakan perusahaan penasihat investasi di Rusia. Hermitage Capital Management juga berinvestasi di pasar saham Rusia senilai US$ 4 miliar, tetapi pada 2005 Browder dicap sebagai "ancaman keamanan nasional" dan dilarang datang ke Rusia.

Pemerintah Rusia kemudian menyita dana Hermitage Capital Management.

Sementara itu analis politik Rusia, Stanislav Belkovsky, pada 2017 lalu memberikan estimasi kekayaan Putin mencapai US$ 70 miliar. Menurutnya, kekayaan Putin tersebut didapat beberapa dari kepemilikan saham sebesar 37% di perusahaan minyak Surgutneftegaz, dan 4,5% di perusahaan raksasa gas alam, Gazprom.

Berdasarkan data dari Companies Market Cap, kapitaisasi pasar Surgutneftegaz saat ini mencapai US$ 19,58 miliar, dan Gazprom sebesar US$ 71,92 miliar.

Putin juga dikabarkan memiliki saham di perusahaan trading komoditas Gunvor. Namun, hal tersebut sudah dibantah oleh pihak Gunvor.

Meski demikian, berapa sebenarnya harta yang dimiliki Putin sulit dilacak. Forbes pada Januari lalu mengatakan berapa kekayaan Putin adalah misteri yang dihadapi selama 20 tahun. Forbes mengatakan mencari tahu kekayaan bersih Putin merupakan teka-teki yang paling sulit dipahami dalam penelurusan kekayaan. Bahkan, lebih sulit ketimbang penelusuran kekayaan ahli waris, kepala negara hingga raja narkoba.

TIM RISET CNBC  INDONESIA 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Penampakan Markas Tesla, Tempat Luhut & Elon Musk Meet Up


(pap/pap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading