PTBA Sabet Penghargaan AKHLAK Award 2022

Market - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
06 July 2022 15:47
Gedung PTBA.

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) meraih penghargaan AKHLAK Award 2022 untuk kategori Indeks Implementasi AKHLAK Klaster Mineral dan Batu Bara. Penerapan nilai AKHLAK di BUMN sesuai dengan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-115/MBU/05/2022 tentang Pedoman Implementasi Nilai-nilai Utama Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik Negara.

"Penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan. PTBA senantiasa meningkatkan sistem dan praktek tata kelola dari tahun ke tahun, agar tetap dapat bertanggung jawab, transparan, dan berlaku adil dengan mengikuti praktek tata kelola terbaik yang berlaku," kata Direktur Utama PTBA Arsal Ismail dalam keterangan tertulis, Rabu (6/7/2022).

Sementara itu, dalam sambutannya pada AKHLAK Award 2022, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan bahwa AKHLAK BUMN sebagai nilai inti yang menjadi pijakan untuk naik kelas, serta modal untuk menang dalam berkompetisi.


"Di luar perannya sebagai agen pembangunan untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat, BUMN juga dituntut untuk menjadi agen pencipta nilai, yang mana kontribusi BUMN kepada negara diharapkan senantiasa meningkat seiring dengan perkembangan total aset dan ekspansi bisnisnya. BUMN selayaknya terus meningkatkan diri seiring dengan kemajuan zaman hingga berhasil mewujudkan cita-cita BUMN Indonesia yang mendunia," kata Ma'ruf Amin.

Di sisi lain Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berharap pemberian penghargaan dapat mendorong BUMN agar meningkatkan tata kelolanya dengan menerapkan nilai-nilai AKHLAK.

"Acara penganugerahan AKHLAK Award pada hari ini kiranya dapat dimaknai secara menyeluruh dalam segala aspek dan dimensinya," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron berpesan agar BUMN konsisten menjalankan nilai AKHLAK untuk mendukung pemberantasan korupsi.

"Kami menyampaikan selamat dan jaga terus core value AKHLAK. Karena dengan AKHLAK itu, BUMN bisa jaya dan Indonesia sejahtera," tegasnya.

Adapun Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, penerapan core value AKHLAK terus menunjukkan hasil yang baik di BUMN. Contohnya, konsistensi bersih-bersih dan pemberantasan korupsi di BUMN, transformasi human capital yang menjadi lebih profesional, hingga laba BUMN yang tadinya hanya Rp 13 triliun sekarang menjadi Rp 126 triliun.

"Ini yang harus terus kita jaga. Kita terus memberikan peningkatan kontribusi kepada negara yang sekarang jumlahnya Rp 372 triliun dari pajak, dividen, dan bagi hasil. Saya menekankan kepada seluruh BUMN agar terus konsisten menerapkan core value AKHLAK dalam melakukan pekerjaannya," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bos PTBA Raih Penghargaan CEO Service & Operation Excellent


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading