Green Economic Forum 2022

Dukung Green Economy, BMRI Incar Ekosistem Mobil Listrik

Market - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
01 July 2022 11:03
Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi (Tangkapan layar CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) Darmawan Junaidi mengungkap sektor-sektor yang diincar dalam penyaluran kredit untuk mendukung ekonomi hijau.

Dalam Green Economic Forum, Darmawan mengatakan akan mendukung pembiayaan pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan (EBT), hingga ekosistem mobil listrik.

"Kami melihat konsep ini untuk jangka panjang, dan banyak berdiskusi dengan nasabah besar. Kami ingin mendukung pembiayaan ekosistem EBT, yang dalam portofolio kami sudah ada hydro power plant dan pemanfaatan solar panel," ujar Darmawan, Jumat (1/7/2022).


Ekosistem kendaraan listrik pun menurutnya menjadi salah satu incaran Bank Mandiri, mulai dari upstream hingga hilir.

"Ekosistem EV (electric vehicle) bukan hanya dalam bentuk barang jadi. Tapi di upstream ada pengelolaan proyek tambang yang akan menjadi bahan baku baterai. Begitu juga maintenance, spare part, dan termasuk energi isi ulangnya," kata dia.

Selanjutnya adalah panel surya yang kini mulai banyak digunakan di berbagai daerah. Darmawan mengatakan perkembangan panel surya sangat besar dan menjadi segmen yang potensial dalam mendukung penerapan EBT.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Live Now! Bos BRI Beberkan Strategi Geber Pembiayaan Hijau


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading