Kripto Kolaps: Dari Batal Renovasi Rumah Hingga Kekayaan Drop

Market - dhf, CNBC Indonesia
15 June 2022 14:35
Cover Topik, Fokus Chaos Pasar Kripto

Jakarta, CNBC Indonesia - Pasar mata uang kripto kembali membuat geger. Kejatuhannya membuat pemiliknya, dari miliarder hingga investor ritel yang bermain 'receh' pun gigit jari.

Sebut saja Aldo, salah satu karyawan di sebuah perusahaan swasta. "Pokoknya sedih kalau diceritain, loss Rp 30 juta," ungkapnya, Rabu (15/6/2022).

Kepala cabang salah satu perusahaan penunjang telekomunikasi ini memang tak sampai merugi. Duit yang ia benamkan tak sampai minus, hanya portofolionya saja yang tergerus.


Sebab, ia sudah masuk ke pasar kripto sejak awal pandemi yang tak lama kemudian harga mata uang kripto terbang ke bulan. Sejak saat itu, ia keluar masuk, tapi dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi. Tak jarang, ia kembali masuk ketika harga sejumlah kripto sedang di bawah.

"Tapi, ya, begitu... Punya niat mau cairkan buat tambah renovasi rumah, batal, ga bisa renovasi rumah," kenangnya.

Aldo hanya sekelumit cerita dari mereka yang sudah terlanjur terbuai dengan meroketnya harga kripto. Meski begitu, Aldo masih cukup beruntung.

Sebab, ada ritel lain yang bukan lagi terbuai, tapi sudah terjebak. Hal ini setidaknya terungkap dari curhatan salah satu netizen di akun instagram @overheardkeuangan.

Dalam postingan itu terungkap, salah satu investor kripto mengaku membeli Bitcoin ketika harganya di US$ 40.000 dan Ethereum di kisaran US$ 3.000 pada Januari. Semula, ia berniat hanya akan menggunakan uang dingin.

Sayangnya, Bitcoin longsor. Ia pun mengikuti apa yang investor lain lakukan, yakni average down ketika harga Bitcoin dan Ethereum masing-masing turun ke level US$ 30.000 dan US$ 2.000.

Masuklah ia ke kripto, dengan maksud untuk average down setelah mengeluarkan modal Rp 200 juta. Parahnya, itu bukan uang pribadi, melainkan uang untuk belanja barang konstruksi dari ayahnya yang kebetulan merupakan seorang kontraktor.

Ia pun berniat menjual mobilnya yang seharga Rp 130 juta untuk menambah average down. Ketika kripto bangkit, akan dijual lagi. "Jadi nggak parah-parah banget minusnya," kata netizen tersebut.

Kekayaan Miliarder Kripto Tergerus
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading