Mengekor Bursa Asia, Bursa Eropa Dibuka Kebakaran!

Market - Annisa Aflaha, CNBC Indonesia
24 May 2022 15:03
A computer screen shows news about Brexit with British Prime Minister Theresa May as a broker watches his screens at the stock market in Frankfurt, Germany, Wednesday, Jan. 16, 2019. (AP Photo/Michael Probst)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham Eropa di sesi awal perdagangan kompak terkoreksi pada hari ini, Selasa (24/5/2022), di mana pasar global masih berjuang untuk mempertahankan relinya.

Indeks Stoxx 600 di awal sesi melemah 1% ke level 431,97 di mana saham emiten utilitas merosot 2,4% dan menjadi pemimpin penurunan. Mayoritas saham emiten berada di zona negatif.

Hal yang serupa terjadi pada indeks DAX Jerman terkoreksi tajam 167,96 poin atau 1,18% ke 14.007,44 dan indeks CAC Prancis melemah 1,13% ke level 6.286,81. Indeks FTSE Inggris merosot 0,86% ke level 7.448,54.


Pelemahan tersebut terjadi setelah pasar global kesulitan untuk mempertahankan relinya.

Kontrak berjangka (futures) indeks bursa AS turun di pra-pembukaan perdagangan hari ini walaupun saham-saham di Wall Street sempat reli di perdagangan sebelumnya, di mana indeks Dow Jones melesat 618 poin atau 2%. Indeks S&P 500 lompat 1,9% dan Nasdaq menguat 1,6%.

Bursa saham Eropa ditutup lebih tinggi kemarin, di tengah kekhawatiran akan perekonomian global yang mendominasi sentimen pasar. Bursa saham di Asia Pasifik cenderung bergerak melemah pada perdagangan hari ini.

Forum Ekonomi Dunia sedang digelar pada pekan ini di Davos, menyatukan para pemimpin politik dan bisnis di seluruh dunia. Pertemuan tahun ini digelar setelah beberapa tahun terhenti karena pandemi. Perang antara Rusia-Ukraina akan menjadi agenda utama pertemuan tersebut.

Investor di wilayah Eropa akan disibukkan dengan rilis data ekonomi dari Indeks PMI manufaktur untuk bulan Mei.

TIM RISET CNBC INDONESIA 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bursa Eropa Dibuka di Zona Hijau Menunggu Kebijakan ECB


(aaf/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading