Bursa Eropa Dibuka Cerah di Tengah Pertemuan WEF

Market - Annisa Aflaha, CNBC Indonesia
23 May 2022 14:55
The German share prize index DAX board is photographed early afternoon on the day of the Brexit deal vote of the British parliament in Frankfurt, Germany, January 15, 2019. REUTERS/Kai Pfaffenbach

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham Eropa di sesi awal perdagangan bergerak menguat pada hari ini, Senin (23/5/2022), di tengah kekhawatiran pasar terhadap perlambatan ekonomi global.

Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum) digelar pada pekan ini di Davos (22-26 Mei 2022), menyatukan para pemimpin politik dan bisnis di seluruh dunia. Hasil dari pertemuan tersebut diharapkan dapat memberi sentimen positif baru. 

Adapun pertemuan tahun ini digelar setelah beberapa tahun terhenti karena pandemi. Perang antara Rusia-Ukraina akan menjadi agenda utama pertemuan tersebut.


Indeks Stoxx 600 di awal sesi menguat 1,2% ke level 435,18 di mana saham emiten ritel melesat 2% dan menjadi pemimpin kenaikan. Mayoritas saham emiten berada di zona positif.

Hal yang serupa terjadi pada indeks DAX Jerman terapresiasi 181,3 poin atau 1,29% ke 14.160,85 dan indeks CAC Prancis menguat 0,97% ke level 6.346,07. Indeks FTSE Inggris naik 0,97% ke level 7.457,37.

Pergerakan tersebut terjadi setelah bursa saham Eropa berakhir menguat pada penutupan perdagangan Jumat (20/5) setelah mengalami pekan yang volatil.

Meskipun bergerak menguat, tapi bursa saham Eropa masih berada di pekan negatif. Bursa saham Amerika Serikat (AS) anjlok pada perdagangan Jumat (20/5) dan melanjutkan penurunannya pada awal pekan. Sehingga, mendorong indeks S&P 500 memasuki bear market (zona penurunan).

Kontrak berjangka (futures) indeks bursa AS menguat pada perdagangan kemarin setelah indeks Dow Jones jatuh dan menjadi penurunan selama delapan pekan beruntun dipicu oleh aksi jual besar-besaran. Bursa saham di Asia Pasifik bergerak beragam hari ini karena kekhawatiran global terus mengganggu investor.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bursa Eropa Dibuka di Zona Hijau Menunggu Kebijakan ECB


(aaf/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading