Cek! Daftar Pengusaha - Mantan Pejabat Punya Pulau Pribadi

Market - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
21 May 2022 14:45
Kepulauan Seribu, Jakarta

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak pulau kecil yang tersebar di wilayah perairannya. Uniknya, tidak semua pulau dimiliki oleh negara, beberapa pulau kecil tercatat dimiliki perorangan.

Beberapa pulau kecil perorangan biasanya dimiliki oleh pengusaha hingga mantan pejabat pemerintah di Indonesia. Berikut daftar orang-orang penting yang memiliki pulau pribadi:

Basuki Tjahaja Purnama


Mantan gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku memiliki pantai pribadi di kawasan kelurahan Burung Mandi, Belitung. Pantai tersebut bernama Pantai Bukit Batu.

Selain itu, BTP juga diketahui memiliki Pulau Nepi, Pulau Lindung, serta Pulau Kenek di Belitung yang difungsikan sebagai lahan penanaman pohon kelapa. Diketahui, ketiga pulau tersebut merupakan warisan dari sang ayah.

Susi Pudjiastuti

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti rupanya memiliki pulau pribadi bernama Pulau Sevelak yang terletak di Simeulue, Nangroe Aceh Darussalam. Pulau ini juga dikenal dengan nama Pulau Susi.

Mengutip detikNews, pulau itu merupakan buah kasih dari pemerintah setempat atas jasa Susi ketika menolong korban tsunami tahun 2004 silam.

Pulau itu hanya dimanfaatkan Susi untuk budidaya lobster. Bibit lobster dia biakkan di sana lalu dipanen dan sisanya ada yang dilepas. Sebagaimana diketetahu, pelain pemilik Susi Air tersebut pernah merintis usaha makanan laut.

Surya Paloh

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh juga memiliki pulau pribadi, yakni Pulau Kaliage di Kepulauan Seribu, menurut laporan CNN Indonesia.

Diketahui di sana telah dibangun jajaran villa mewah, dermaga, helipad pribadi, hingga restoran Jepang khusus untuk melayani pengunjung. Surya Paloh juga sempat tinggal di sana usai positif Virus Corona (Covid-19) tahun 2020 lalu.

Tomy Winata

Pengusaha sekaligus bos Arta Graha, Tomy Winata juga memiliki pulau pribadi bernama pulau Bule di Lampung. Di pulau yang asri dan memiliki pantai biru jernih ini juga terdapat resort untuk mengakomodasi pengunjung yang datang.

Presiden Soeharto dan Keluarga Cendana

Pulau Bulat di Kepulauan Seribu merupakan milik pribadi Presiden Soeharto dan Keluarga Cendana. Mengutip detikTravel, pada masa jayanya, Presiden Soekarno hingga Keluarga Cendana kerap datang dan menghabiskan waktu di sana.

Hanya walau merupakan pulau milik Keluarga Cendana, wisatawan pun boleh berkunjung ke sana layaknya pulau wisata lain di Kepulauan Seribu.

Namun, kini pamornya mulai redup, sebab Pulau Bulat ini memang bukan merupakan tujuan utama para pelancong di Kepulauan Seribu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Morgan Stanley Khawatir Subsidi Indonesia Menekan Fiskal


(tfa/tfa)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading