5 Negara Penghasil Beras Terbesar Dunia, RI ke Berapa?

Market - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
25 August 2022 08:50
Ilustrasi Nasi Putih (Pixabay) Foto: Ilustrasi Nasi Putih (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia dikatakan menjadi negara dengan tingkat produktivitas padi dengan urutan nomor kedua tertinggi di Asia Tenggara. Peningkatan produktivitas padi itu ditopang oleh beberapa program yang dijalankan pemerintah Indonesia.

Adapun program itu di antaranya berupa peningkatan produksi beras, melalui pengembangan varietas unggul intensifikasi, ekstensifikasi, pemupukan yang lebih baik dan bijak.

Juga pembangunan bendungan dan perbaikan saluran irigasi, mekanisasi pemberian kredit usaha rakyat dan pendampingan serta penguatan kelembagaan petani.

Tapi sebenarnya siapa negara dengan produksi terbesar di dunia? Berikut lima negara penghasil beras terbesar di dunia.

1. China
China memang kerap menjadi nomor satu dalam berbagai hal, siapa sangka juga termasuk soal menghasilkan beras. China juga menjadi negara yang menciptakan varietas padi hibrida pertama di dunia. Padi jenis itu merupakan persilangan dari dua jenis tanaman yang berbeda.

Produksi beras sangat penting dalam sektor perekonomian China yang menghasilkan 28% dari total produksi beras di dunia. Setiap hektare sawah di China mampu menghasilkan beras sebanyak 6,5 ton. Berdasarkan data Statista, pada 2021 China menghasilkan beras sebanyak 148,3 juta ton.

2. India
India merupakan salah satu negara yang memproduksi beras hingga melebihi 122 juta ton. Negara ini juga merupakan konsumen beras terbesar kedua, sehingga dapat diperkirakan konsumsi setiap tahunnya hingga 100 juta ton.

3. Indonesia
Dalam hal produktivitas hanya nomor dua di ASEAN, Indonesia merupakan penghasil beras terbesar dunia di urutan ketiga. Berdasarkan data Statista, tahun lalu produksi beras Indonesia 35,3 juta ton. Sebagian besar produksi beras Indonesia berasal dari Pulau Jawa dan Sumatra, sekitar 60%.

4. Bangladesh
Produksi beras Bangladesh hanya beda-beda tipis dengan Indonesia. Pada tahun lalu produksi beras Bangladesh sebanyak 34,6 juta ton.

5. Vietnam
Vietnam merupakan penghasil beras terbesar kelima di dunia. Produksi beras negara ini pada tahun 2021 sebanyak 27,3 juta ton. Negara ini menanam padi di delta Sungai Mekong dan Sungai Merah. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Teladan Prima Berharap RI Tidak Kehilangan Momentum


(vap/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading