Freeport Bakal IPO? Simak Nih Bocoran Dari Bosnya..

Market - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
11 May 2022 12:25
PT Freeport

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Freeport Indonesia (PTFI) telah memiliki sejumlah rencana bisnis atau business plan jangka panjang ke depannya. Salah satunya yakni melantai di bursa saham melalui Initial Public Offering (IPO).

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas mengatakan bahwa niatan untuk melantai ke bursa saham pernah ada. Namun demikian, hingga sampai saat ini wacana tersebut belum terealisasi.

"Wacana ada, bagaimana kalau IPO di Indonesia apa untung ruginya, itu juga sudah pernah kita pikirkan baru wacana aja," kata dia dalam acara Talk To Titans CNBC Indonesia, Selasa (10/5/2022).


Peneliti Alpha Research Database Ferdy Hasiman sebelumnya mengatakan bahwa jika Freeport dilepas lewat mekanisme IPO, maka yang diuntungkan hanyalah investor dengan dana besar. Apalagi pelaku pasar modal hanya 0,6 % penduduk Indonesia.

"Sudah begitu, banyak investor yang beli saham di pasar modal juga adalah investor asing. Itu makanya kalau krisis di Indonesia, ada capital outflow besar-besaran," kata Ferdy dalam keterangannya kepada CNBC Indonesia di Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Menurut Ferdy, melalui IPO saham Freeport akan menjadi rebutan pengusaha lokal yang memiliki banyak uang dan menjadi incaran para politisi. Hal ini dapat dilihat dari pengalaman pelepasan saham PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA).

"Pada IPO saham Garuda, mantan bendahara Partai Demokrat, M. Nazarudin memborong 400 juta saham atau Rp 300 miliar yang dilakukan lima perusahaan miliknya. IPO saham GIAA hanya satu dari sederet penawaran saham yang dilakukan perusahaan-perusahaan BUMN," kata penulis buku Freeport: Bisnis Orang Kuat Vs Kedaulatan Negara ini.

Dia menilai IPO saham sebenarnya langkah bagus agar partisipasi rakyat Indonesia dalam mengontrol kinerja Freeport semakin besar. Publik makin berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan dalam Rapat Umum Pemegang Saham. Persoalannya, kata Ferdy, publik yang berharap mendapat jatah saham Freeport Indonesia bisa gigit jari, karena tak kebagian jatah.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Bentuk Bullion Bank, Freeport Siap Dukung


(pgr/pgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading