Dari Investasi Hingga Pembiayaan, Ini Peran BNI Bagi Diaspora

Market - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
25 April 2022 20:17
BNI

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) menawarkan berbagai layanan keuangan bagi para diaspora yang berada di luar negeri, mulai dari tabungan, berinvestasi, hingga pembiayaan. Dengan cabang yang dimiliki di luar negeri, BNI menghadirkan pilihan berinvestasi di pasar modal tanah air bagi para diaspora.

Pemimpin Divisi Internasional BNI Legendariah B. Rasuanto menjelaskan diaspora bisa tetap berinvestasi di dalam negeri melalui produk Diaspora Invest. Dengan begitu, para diaspora pun memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari instrumen investasi di Indonesia dan berkontribusi pada perekonomian.

"Tapi kalau investasi di luar negeri kan cuannya kecil tuh. Di Indonesia kan besar (keuntungannya). Di Indonesia, kan bisa beli bond, bisa beli saham. Kami fasilitasi juga," papar dia kepada CNBC Indonesia, Senin (25/4/2022).


Legendariah menjelaskan, diaspora dapat memilih instrumen investasi, dalam negeri seperti Surat Berharga Negara (SBN), saham, hingga obligasi korporasi.

Selain kemudahan berinvestasi, BNI juga membuka peluang diaspora untuk meningkatkan bisnisnya melalui pembiayaan. Legendariah menyebutkan BNI memiliki Diaspora Lending, yang dirancang bagi diaspora untuk mengembangkan bisnisnya.

"Misalnya dia punya usaha katering, kita kasih pembiayaan. Dia bisa bikin dapur kecil-kecilan. Nanti naik kita berikan biaya kalau dia ingin punya food truck. Naik lagi kalau ingin punya restoran. Jadi ada tahapan-tahapannya," papar Legendariah.

Selain itu, bisnis diaspora lainnya yang telah menikmati pembiayaan dari BNI adalah trading houses. Produk selanjutnya adalah BNI More (mobile remittance). Melalui produk ini, para diaspora dapat melakukan top up e-wallet dan mengirimkan uang elektronik tersebut ke mana pun.

"Ini sudah ada di Singapura, namanya BNI More. Ke depan kita lagi persiapan juga kerja sama dengan fintech setempat di negara-negara lainnya. Jadi sangat mudah, murah, dan sangat cepat waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman uang," lanjut dia.

Terakhir, BNI menawarkan produk Diaspora Saving, yaitu untuk kebutuhan tabungan bagi para WNI yang berada di luar negeri. Adapun para diaspora dapat membuka tabungan BNI melalui mobile banking sehingga mereka tidak perlu mengunjungi kantor cabang luar negeri (KCLN) BNI.

"Manfaatnya adalah pada saat dia melakukan pengiriman uang, dia bisa transaksi untuk di Indonesia, gratis pakai mobile banking, di mana-mana bisa. Dan uang itu masuk sebagai devisa Indonesia. Itu secara langsung membantu pembangunan di Indonesia," pungkas Legendariah.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dubes Jepang Beberkan Sektor Ekspor Potensial Bagi UMKM


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading