Demi UMKM Diaspora Singapura Naik Kelas, Ini Sinergi BNI-KBRI

Market - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
21 April 2022 12:19
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) menghadirkan 'Global Diaspora Week' sebagai upaya meningkatkan peran diaspora bagi Tanah Air.

Jakarta, CNBC Indonesia - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan besar bagi perekonomian negara, terutama bagi mereka yang mampu naik kelas dan menembus pasar global. Untuk memperluas jangkauan pasar dan ikut andil dalam kegiatan ekspor, UMKM membutuhkan pendampingan dan dukungan dari berbagai pihak termasuk perbankan.

Duta Besar RI untuk Singapura, Suryo Pratomo menuturkan bahwa perbankan memiliki peran besar dalam memajukan UMKM, termasuk diaspora yang berada di Singapura. Untuk itu kehadiran bank asal Indonesia yang beroperasi di Singapura, seperti PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) berperan besar untuk membuat UMKM diaspora naik kelas.

Dengan begitu pelaku usaha bisa mendapatkan akses keuangan, baik modal maupun kemudahan transaksi. Apalagi negara ini membutuhkan pangan yang cukup besar, dan menjadi potensi bagi UMKM yang bergerak di sektor makanan dan minuman.


"Banyak yang dilakukan oleh teman-teman diaspora untuk bisa menembus pasar. KBRI sendiri mencoba mendukung dengan membuat berbagai macam pameran kepada teman-teman UMKM dan pengusaha, dan juga membangun komunikasi dengan masyarakat bisnis di Singapura," kata ujar Suryo Pratomo dalam BNI Global Diaspora Week bersama CNBC Indonesia, Kamis (21/4/2022).

KBRI pun membuat pertemuan business matching antara UMKM dan pengusaha Singapura, sebagai upaya pengembangan produk. Misalnya, pertemuan antara nelayan atau pengusaha perikanan dengan importir ikan yang ada di Singapura, dan pendampingan agar bisa masuk ke supermarket.

Dia juga mengungkapkan untuk berhasil dalam bisnis dan ekspor ke Singapura, dibutuhkan pengusaha UMKM yang memiliki barang berkualitas dengan harga yang kompetitif. Selain itu, dibutuhkan logistik yang efisien, agar harga produk pun bisa kompetitif.

"Untuk itu dukungan lembaga keuangan sangat penting di sini. Kita juga beruntung punya BNI yang punya operasional di Singapura. Peran lembaga keuangan seperti BNI sangat penting karena saya melihat teman-teman diaspora di Singapura itu sangat kreatif dan cukup banyak jumlahnya," jelasnya.

Sementara itu, General Manager BNI Singapura Raymond Rudianto mengatakan untuk dalam mendukung UMKM diaspora pihaknya bekerjasama dengan tim BNI di Indonesia melakukan business matching melalui BNI Xpora.

Secara eksternal, BNI juga melakukan sinergi dengan strategi partner kami yang ada di Singapura seperti KBRI, khususnya atase perdagangan. nasabah, dan komunitas diaspora Singapura dalam membangun konektivitas antara calon buyer di Singapura dan juga dengan customer base UMKM BNI yang ada di Indonesia.

"Salah satu kegiatan kami adalah membantu menjodohkan dari UMKM di Indonesia melalui importir atau agregator. Kami di sini juga didukung oleh government agency dari Singapura seperti International Enterprise Singapore, dan juga Trade Development Board untuk mengimpor produk-produk dari Indonesia," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Berkat BNI, Usaha Diaspora di AS Ini Berkembang Pesat


(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading