Bersama Diaspora, BNI Optimis Dorong Perekonomian

Market - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
27 April 2022 15:48
Muhammad Iqbal Direktur UMKM BNI (Tangkapan layar CNBC TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Bisnis UMKM PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, Muhammad Iqbal meyakini kolaborasi diaspora dengan BNI sangat bagus dikembangkan baik untuk di domestik maupun di mancanegara.

Hal ini sejalan dengan visi BNI dalam upaya mendorong perekonomian. Caranya dengan menjembatani pelaku usaha di Indonesia dengan potensi bisnis di Luar Negeri melalui diaspora.

"BNI meyakini dengan positioning yang khas ini, kami bisa menjembatani. Kami yakin bahwasannya kita tidak meningkatkan bisnis BNI saja, tapi juga kontribusi terhadap ekonomi nasional," terang Iqbal dalam Webinar BNI Global Diaspora Week yang diselenggarakan oleh CNBC Indonesia, Rabu (27/4/2022).


Saat ini belum ada data pasti berapa jumlah diaspora di seluruh dunia, beberapa riset menyebutkan 8-15 juta orang. Sehingga BNI merasa perlu melakukan pemetaan.

Dengan melakukan pemetaan maka bisa dilakukan profiling dan menghadirkan program yang lebih tepat dan sesuai target tipe diaspora. Saat ini BNI melayani di enam negara, dengan potensi pasar 600 ribu orang.

"Ini sangat bagus potensinya untuk ekonomi Indonesia, misalnya remitansi yang bisa dikirim. Kemudian kekuatan diplomasi dari para diaspora yang berkarya di mancanegara," tambah Iqbal.

Untuk layanan keuangan pun, BNI berkomitmen untuk menyediakan berbagai layanan perbankan yang mampu mendorong peran diaspora Indonesia bagi perluasan pasar produk UMKM ke pasar global salah satunya, diaspora landing yang dirancang untuk mengembangkan bisnisnya. BNI juga sediakan produk diaspora saving, remitansi hingga investasi.

"Untuk pengusaha, ada kredit diaspora, skema khusus fleksbel dan sesuai ketentuan negara tekait dan ada diaspora inves untuk yang ingin investasi. Hal ini dapat diakses melalui mobile banking BNI," terangnya


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Berkat Transformasi Layanan, BNI Raih SLE Index Terbaik 2022


(dpu/dpu)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading