BNI Dorong Diaspora di Korea Selatan Buka Pasar UMKM

Market - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
20 April 2022 20:09
BNI Global Diaspora Week

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk bekerjasama dengan Kedutaan Besar Indonesia di Korea Selatan (Korsel) dalam memberikan pendampingan bagi para diaspora untuk mencari peluang pasar di Korea Selatan.

Selain itu, BNI juga menyediakan fasilitas permodalan bagi para pelaku UMKM diaspora.

"Kami juga aktif sebagai satu-satunya perbankan yang ada di Korea Selatan. Kami juga bekerja sama dengan BNI di Jakarta untuk membawa UMKM ke global, khususnya pasar Korea Selatan," kata GM Bank BNI Seoul, Anisfu Husindalam Investime CNBC Indonesia, Rabu (20/4/2022).


Korea Selatan sendiri dinilai memiliki potensi pasar yang besar bagi produk UMKM Indonesia. Meski demikian, bukan berarti UMKM Indonesia tak menghadapi banyak tantangan di pasar Korea Selatan.

Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto mengungkapkan dalam memasarkan produknya, UMKM Indonesia masih belum membawa identitas yang dapat mencuri perhatian masyarakat Korea Selatan. Dia menyebut saat ini UMKM Indonesia masih didominasi oleh produk makanan dan minuman.

"Ini penting bahwa perlu produk Indonesia punya identitas Indonesia yang bisa diberikan storytelling, diceritakan. Misalnya punya produk kripik ketela, apa itu ketela, prosesnya bagaimana, sehat untuk. Sehingga orang Korea membeli barang bukan sekadar rasa, tetapi merasakan perjalanan produk tadi," terang pria yang akrab disapa SulisĀ itu.

Dia menjelaskan, belum semua pelaku usaha diaspora yang memperhatikan hal-hal tersebut. Mereka (diaspora) lanjutnya hanya memasarkan produk dan tidak memikirkan kemasan produk itu sendiri.

SulisĀ memuji BNIyang telah memberikan bimbingan dan aktif melakukan pendampingan bagi para pelaku usaha diaspora. Hal ini penting dalam mendorong produk pelaku usaha bisa diterima pasar.

"Para pelaku usaha tersebut memerlukan arahan dan bimbingan agar produknya berhasil diterima di pasar Korea Selatan," tutupnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Berkat BNI, Usaha Diaspora di AS Ini Berkembang Pesat


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading