Pagi Traders! Simak Panduan Teknikal IHSG Hari Ini

Market - Tim Riset CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
14 April 2022 06:50
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kemarin, Rabu (13/4/2022), masih menjadi hari rekor bagi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Indeks kembali mencetak rekor penutupan all time high setelah menguat 0,67% dan ditutup di level 7.267,78 pada perdagangan.

Lantas, bagaimana pergerakan IHSG hari ini? Berikut perkiraan berdasarkan analisa teknikal yang dirangkum oleh Tim Riset CNBC Indonesia, Kamis (14/4/2022).

Jika melihat level penutupan IHSG kemarin dan indikator bolinger band, tampak bahwa indeks sukses menembus level resistance di 7.260. BB merupakan indikator untuk menentukan area batas atas (resistance) dan batas bawah (support).


Pergerakan IHSG juga dilihat dengan indikator teknikal lain yaitu Relative Strength Index (RSI) yang mengukur momentum.

Perlu diketahui, RSI merupakan indikator momentum yang membandingkan antara besaran kenaikan dan penurunan harga terkini dalam suatu periode waktu.

Indikator RSI berfungsi untuk mendeteksi kondisi jenuh beli (overbought) di atas level 70-80 dan jenuh jual (oversold) di bawah level 30-20.

RSI cenderung berada di wilayah 72,25 yang sudah mengindikasikan berada di area jenuh belinya (overbought), sehingga patut diwaspadai akan terjadinya risiko koreksi.

Untuk perdagangan hari ini, IHSG berpotensi menguji level 7.200 sebagai level support terdekat dan apabila level ini berhasil tertembus maka level support selanjutnya berada di 7.079.

Indeks perlu melewati (break) salah satu level resistance atau support, untuk melihat arah pergerakan selanjutnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Nggak Ada Habisnya, IHSG Cetak Rekor Tertinggi Lagi!


(trp/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading