Jelang Rilis Inflasi AS dan Pertemuan ECB, Bursa Eropa Merah!

Market - Annisa Aflaha, CNBC Indonesia
12 April 2022 14:33
FILE PHOTO: Traders work at their desks in front of the German share price index, DAX board, at the stock exchange in Frankfurt, Germany February 28, 2017. REUTERS/Staff/Remote/File Photo

Jakarta. CNBC Indonesia - Bursa saham Eropa di sesi awal perdagangan kompak berada di zona negatif pada hari ini, Selasa (12/4/2022), di mana investor masih menunggu pertemuan bank sentral Eropa (ECB) dan rilis data inflasi Amerika Serikat (AS).

Indeks Stoxx 600 di awal sesi turun tajam 1,2% ke level 452.58, di mana saham perbankan merosot 2,3%.

Indeks DAX Jerman melemah 269,84 poin atau turun 1,9% ke 13.922,94 dan indeks CAC Prancis terkoreksi tajam 1,77% ke level 6.440,01.


Hal serupa terjadi pada indeks FTSE Inggris melemah 0,89% ke level 7.550,37.

Saham Deutsche Bank menurun tajam 9,5% dan saham Commerz Bank turun 8,6%.

Investor global masih menunggu rilis Indeks Harga Konsumen (IHK) AS di Maret yang akan dirilis hari ini dan Indeks Harga Produsen (IHP) yang akan dirilis pada Rabu (13/4) untuk mengindikasikan seberapa drastis bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) harus bertindak untuk mengendalikan inflasi

Musim rilis kinerja keuangan juga akan dimulai pekan ini, di mana perusahaan perbankan AS seperti JPMorgan, Goldman Sachs, Wells Fargo, Citi dan Morgan Stanley akan melaporkan neraca keuangannya.

Di Eropa, investor masih akan mengamati perkembangan di Ukraina. Perang antara Rusia dan Ukraina telah menyebabkan volatilitas di pasar minyak dan komoditas lainnya dan menghambat pasokan.

Kemarin malam, Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss mengatakan bahwa pemerintah Inggris sedang bekerja secara cepat untuk memverifikasi rincian dugaan serangan senjata kimia di kota Mariupol, Ukraina.

Selain itu, pejabat ECB akan menggelar pertemuan di Frankfrut pada hari Kamis (14/4) untuk mendiskusikan kebijakan moneter selanjutnya, di mana lonjakan harga konsumen menekan pertumbuhan ekonomi yang dipicu oleh perang di Ukraina.

Investor juga akan disuguhkan dengan rilis data pengangguran di Inggris yang akan dirilis pada hari ini pukul 7 pagi waktu Inggris. Disusul oleh indeks sentimen ekonomi Jerman oleh ZEW yang akan dirilis pada jam 10 pagi hari ini waktu Inggris.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Rusia Ukraina Perang, Bursa Saham Eropa 'Kebakaran'


(aaf/aaf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading