BEI Pamer GoTo Jadi Decacorn yang Pertama Listing di ASEAN

Market - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
11 April 2022 10:35
Sah! GOTO Resmi Melantai di Bursa (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) diklaim menjadi perusahaan decacorn pertama yang melantai di pasar modal di Asia Tenggara (ASEAN). Hal ini terjadi pasca GOTO resmi mencatatkan sahamnya (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (11/4/2022).

Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia I Gede Nyoman Yetna berkata, GOTO juga merupakan perusahaan rintisan digital pertama yang tercatat di papan utama ataumainboardBEI. GoTo adalah perusahaan ke-15 yang mencatatkan perdana sahamnya sepanjang 2022 ini.

"GOTO menjadi perusahaan teknologi dengan nilai valuasi decacorn dan menjadi decacorn pertama yang tercatat di bursa ASEAN. GOTO adalah perusahaan rintisan digital pertama yang tercatat di mainboard BEI. Degan dukungan OJK dan pemerintah, GOTO adalah perusahaan tercatat pertama yang memiliki multiple voting share yang memberi kekuatan voting lebih besar kepada parafoundersehingga kebijakan strategis perusahaan sesuai dengan visi dan misi pendirinya," kata Nyoman.


BEI berharap keberadaan GOTO di pasar modal Indonesia menjadi pemicu pelaku perusahaan rintisan lain untuk melakukan hal serupa. Hal ini dipercaya bisa semakin mendukung pertumbuhan perusahaan dan industri pasar modal jika banyak dilakukan pebisnis.

"Bursa berharap GOTO sebagai perusahaan tercatat segera merealisasikan rencana strategis, senantiasa berinovasi dan menjaga transparansi serta akuntabilitas. Keberhasilan IPO ini juga kami harap perusahaan menjagaperformance postIPO yang terlihat dari fundamental dan market performance pada masa mendatang," tuturnya.

Asal tahu saja, Harga saham GoTo melesat pada debut perdana di bursa hari ini, Senin (11/4/2022).

Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 09.08 WIB, harga saham GOTO melesat 18,34% ke posisi Rp 400/unit. Sebelumnya, beberapa saat setelah bel pembukaan pasar berbunyi, harga saham GOTO sempat menyentuh Rp 416/unit atau naik 23,08%.

Nilai transaksi saham GOTO tercatat sebesar Rp 1,05 triliun dengan volume perdagangan 2,68 miliar saham.

Saat ini, kapitalisasi pasar GOTO tercatat sebesar Rp 464,27 triliun, berada di peringkat tiga besar dan di atas emiten telekomunikasi BUMN PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) yang tercatat mencapai Rp 454,70 triliun.

Sebagai informasi, saham GOTO tercatat di papan utama BEI dan GoTo menjadi emiten ke-15 yang tercatat di BEI pada tahun ini. Harga penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) GOTO sebesar Rp 338 per saham.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Data BEI Sebut 17 dari 51 Startup Mau IPO, Ada GoTo?


(RCI/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading