Apakah Dua Calon Bos OJK dari MIND ID Bakal Melenggang Nih?

Market - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
07 April 2022 04:40
Ogi Prastomiyono (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui Komisi XI tengah melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau Fit & Proper Test calon Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Nama-nama calon yang lolos pun kian santer terdengar.

Ada yang menarik kali ini dalam ujian tersebut. Terdapat dua calon dari Mining Industry Indonesia (MIND ID) atau BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia.

Yang pertama adalah Ogi Prastomiyono. Bankir jebolan Bank Mandiri ini adalah Direktur Layanan Strategis MIND ID. Ia masuk dalam pemilihan bos OJK calon Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap anggota. Lawannya adalah Dian Ediana Rae yang merupakan eks Bos PPATK/

Dalam fit and proper pada 6 April 2022, Ogi mencatat beberapa hal dalam pembenahan OJK.

"OJK harus memiliki visi menghadirkan jasa keuangan yang sehat, adaptif, inklusif dan berdaya saing," katanya, Rabu 6 April 2022.

Menurutnya, OJK harus memiliki kemampuan dan pengalaman mengeksekusi kebijakan secara efektif. Dan juga, sambungnya, harus memiliki prinsip kehati-hatian yang baik dibuktikan dengan kompetensi keahlian dan pengalaman di bidang kepatuhan, compliance audit dan manajemen risiko.

"Mudah-mudahan saya memiliki kemampuan tersebut dengan pengalaman selama 30 tahun. Saya berkomitmen hingga mampu membawa OJK unggul dan efisien," terangnya.

Ujian' yang dilakukan ini berlangsung sampai besok, Kamis 7 April 2022. Masing-masing calon diberikan waktu untuk menyampaikan visi-misi dan rencana ke depan selama 30 menit dan disusul pertanyaan atau pendalaman oleh Anggota Komisi XI.Usut punya usut, 'ujian' yang dilakukan Komisi XI DPR ini akan menghasilkan pilihan atas dasar musyawarah. Kemungkinan tidak ada perdebatan atau deadlock dalam menentukan pilihannya.Selain Ogi, adalah Sophia Wattimena yang merupakan 'orang dalam' MIND ID.

Sophia yang merupakan Direktur Eksekutif ini ditempatkan sebagai calon Ketua Dewan Audit merangkap anggota.

"Kedua orang ini dari profesional. Ada yang sebut titipan BUMN. Calon kuat di OJK, tapi kita tunggu saja apakah lolos atau tidak," terang seroang sumber di kalangan Komisi XI.

Pimpinan Komisi XI, Kahar Muzakir menyampaikan keputusan siapa yang akan lolos sebagai pimpinan OJK ini diambil pada Senin 11 April 2022.

"Calon yang sudah selesai menyampaikan paparan bisa langsung meninggalkan ruangan untuk pulang. Keputusan diambil Senin 11 April 2022. Ketua OJK akan dihubungi kemudian oleh sekretariat," kata Kahar dalam membuat fit and proper tes di DPR, Rabu (6/4/2022).

Di tengah uji kepatutan dan kelayakan ternyata sudah beredar nama-nama yang disebut calon kuat bakal terpilih menjadi pimpinan OJK.

Berikut nama-nama yang beredar :

> Ketua merangkap anggota : Mahendra Siregar

> Wakil Ketua sebagai Ketua Komite Etik merangkap anggota : Mirza Adityaswara

> Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap anggota : Dian Ediana Rae

> Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap anggota : Inarno Djajadi

> Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya merangkap anggota : Pantro Pander Silitonga

> Ketua Dewan Audit merangkap anggota : Sophia Issabella Wattimena

> Anggota yang membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen : Friderica Widyasari Dewi

CNBC Indonesia masih mengejar konfirmasi ke Pimpinan DPR maupun Anggota DPR lainnya terkait nama-nama tersebut.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sri Mulyani Sampaikan 3 Calon Ketua DK OJK ke Jokowi, Ini Dia


(dru)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading