Alert! Rusia Serang Ukraina, Harga Emas Terbang Tinggi

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
24 February 2022 11:00
Pegawai merapikan emas batangan di Galeri 24 Pegadaian, Jakarta, Kamis (22/4/2021). Harga emas batangan yang dijual Pegadaian mengalami penurunan nyaris di semua jenis dan ukuran /satuan.  (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

 Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas dunia meroket lebih dari 1% pada perdagangan Kamis setelah Rusia mengumumkan melakukan operasi militer ke Ukraina. CNBC International dan CNN International melaporkan ledakan dilaporkan sudah terjadi di ibu kota Kyiv.

Pada pukul 10:49 WIB, harga emas berada di kisaran US$ 1.928/troy ons, melesat 1,1% di pasar spot melansir data Refintiv. Level tersebut merupakan yang tertinggi sejak 6 Januari 2021.

Tim CNN di Kharkiv, bahkan melaporkan mendengar "aliran ledakan keras yang terus-menerus". Ini adalah kota terbesar kedua di Ukraina yang terletak di timur laut negara itu.


Ledakan tersebut terjadi beberapa menit setelah pernyataan Presiden Rusia Vladimir Putin yang mengumumkan operasi militer di Ukraina demi membela separatis di timur negeri itu. Putin sendiri mengakui kedua wilayah itu merdeka dari Ukraina Senin.

"Saya telah membuat keputusan operasi militer," kata Putin dalam pernyataan mengejutkan di televisi sesaat sebelum pukul 6.00 pagi waktu setempat.

Frank Holmes, CEO dari U.S. Global Investors mengatakan emas secara historis mencatat kinerja yang bagus saat terjadi gejolak geopolitik, dan bisa naik sekitar 50% dari level saat ini. Holmes memprediksi emas bisa mencapai US$ 3.000/troy ons.

"Saya merasa yakin emas akan dengan mudah mencapai US$ 2.500 - US$ 3.000/troy ons," kata Holmes.

TIM RISET CNBC INDONESIA 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Cuma Satu Juaranya Jika Perang Dunia Pecah, Emas!


(pap/pap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading