Siap-siap! Tren Bunga Penjaminan Rendah LPS Bakal Berakhir

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
02 February 2022 12:30
Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa Saat Raker dengan Komisi XI DPR RI (Tangkapan Layar Youtube Komisi XI DPR RI Channel)

Jakarta, CNBC Indonesia - Industri perbankan perlu bersiap. Tren tingkat bunga penjaminan rendah bakal segera berakhir.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Sadewa dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyebut, tingkat bunga penjaminan rendah kembali diberlakukan pada Januari 2022. "Kami memutuskan mempertahankan tren ini sampai 27 Mei 2022," ujarnya, Rabu (2/2/2022).

Adapun tingkat bunga yang berlaku saat ini adalah 3,5% untuk simpanan rupiah di bank umum. Kemudian, sebesar 6% untuk simpanan rupiah di bank perkreditan rakyat (BPR) dan 0,25% untuk simpanan valas di bank umum.


Meski sudah memiliki ancang-ancang untuk mengakhiri tren tersebut, rencana ini belum bersifat final. LPS akan tetap mengvaluasi perkembangan ekonomi yang berjalan.

"Melalui tingkat bunga paejaminan di level rendah saat ini, kami harap bisa berkontribusi untuk penurunan cost of fund perbankan sehingga mampu mendorong pertumbuhan kredit bank," terang Purbaya.

sepanjang tahun lalu, LPS telah menurunkan tingkat suku bunga pinjaman pada level terendah sejak organisasi tersebut berdiri pada 2004 lalu.

LPS menurunkan suku bunga pinjaman dalam rupiah di bank umum dan Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) sebesar 100 bps, sementara suku bunga simpanan dalam valuta asing juga diturunkan hingga 75 bps.

Purbaya mencatat transmisi penurunan suku bunga simpanan turut berdampak pada penurunan tingkat suku bunga deposito di perbankan nasional.

Berdasarkan catatan LPS, suku bunga deposito satu bulan mengalami penurunan hingga 159 basis poin (bps). Sementara untuk suku bunga deposito 3 bulan turun 123 bps.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

LPS Terapkan Sistem Pelaporan Data Nasabah Baru Bulan Depan


(mon/dhf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading