Setelah Anjlok Harga Emas 'Mager', Gimana ke Depan?

Market - Tim Riset, CNBC Indonesia
01 February 2022 14:00
Gold bars and coins are stacked in the safe deposit boxes room of the Pro Aurum gold house in Munich, Germany,  August 14, 2019. REUTERS/Michael Dalder

ems bJakarta, CNBC Indonesia - Harga emas dunia bergerak cenderung mendatar pada pagi ini, Selasa (1/2/2022). Bagaimana prospeknya ke depan?

Pada hari ini, pukul 11.01 WIB, harga emas dunia di pasar spot turun tipis 0,51 poin atau 0,03% ke US$ 1.795,96/troy ons. Dalam sepekan, logam kuning ini sudah turun 2,79%, sedangkan sejak awal tahun (ytd) turun 1,77%.

Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures menjelaskan kepada Reuters, dolar Amerika Serikat (AS) telah meningkat terhadap mata uang lain berdasarkan ekspektasi kenaikan suku bunga bank sentral AS alias The Fed, sementara bank sentral lainnya belum benar-benar mulai bergerak, yang turut menciptakan masalah bagi emas.


Indeks dolar sendiri mengalami kenaikan bulanan (0,34%), membuat emas batangan yang dipatok dengan greenback (dolar AS) lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Haberkorn menambahkan, kemungkinan lima kenaikan suku bunga The Fed pada tahun ini telah ikut menakuti pasar emas. Apalagi, kata Haberkorn, emas bersaing dengan obligasi karena tidak mendapatkan bunga.

Wang Tao, Analis Teknikal Reuters, menilai titik support harga emas ada di US$ 1.792/troy ons. Penembusan ke bawah ini akan membuat harga jauh ke US$ 1.777/troy ons.

coalFoto: Reuters

"Harga emas ternyata turun ke bawah jalur pendakian. Target terdekat ada di US$ 1.753/troy ons, meski masih butuh pemantauan lebih lanjut," sebut Wang dalam risetnya.

Meski begitu, Wang masih meyakini bahwa harapan kenaikan harga emas tetap terbuka. Bukan tidak mungkin harga bisa bangkit dan menuju ke US$ 1.803/troy ons,

"Kebangkitan akan menjadi bukti bahwa pergerakan ke bawah jalur pendakian palsu belaka. Ketika ini terjadi, maka target bullish ada di US$ 1.815-1.830/troy ons," tegas Wang.

Wang memperkirakan nantinya harga emas terlebih dulu akan stabil di sekitar US$ 1.781/troy ons. Setelah itu, ada peluang harga bakal naik lagi.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Emas Dunia Berhasil Naik Sepekan, Ramalan Masih Suram?


(adf)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading